Share

PEPC Gelar Pelatihan Tenaga Kerja di Bidang Migas

Bojonegoro, 3/3 (Media Center) – Pemuda sekitar proyek Unitisasi Lapangan Gas Jambaran – Tiung Biru (JTB) dari tiga kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mendapat pelatihan dan sertifikasi teknik mengelas (walder) dari Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC). Pelatihan dan sertifikasi ini bekerjasama Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja dan UPT Pelatihan Kerja Provinsi Jatim dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Migas Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

sekitar 20 pemuda ini berasal dari Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Desa Dolokgede dan Pelem, Kecamatan Purwosari, serta Desa Kaliombo, Kecamatan Tambakrejo. Mereka mendapat pelatihan mulai 27 Februari hingga 28 April 2017 mendatang.

Public Government Affairs and Relations Manager PEPC, Kunadi mengatakan, pelatihan dan sertifikasi industri migas ini sebagai bentuk kepedulian PEPC kepada warga sekitar operasinya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

“Harapannya, dengan memberikan keterampilan khusus ini diharapkan menjadi bekal bagi para pemuda untuk menangkap peluang kerja,” ujar pria asal Jawa tengah ini.

Ia menuturkan, sebelumnya telah melatih 175 pemuda dan memperoleh sertifikasi di antaranya bidang riging, walder, scafolding.

“Dari jumlah tersebut, 90 persen sudah bekerja, dan 10 persennya belum,” lanjutnya.

Salah satu peserta, Gugik Suharso mengaku senang mendapat kesempatan mengikuti pelatihan dan sertifikasi ini. Menurut dia, hal ini bisa menambah keahlian dan menjadi bekal untuk mencari pekerjaan.

“Bisa menambah skill, biar gampang mencari kerja,” ujar lulusan D3 Teknik Mesin STT Ronggolawe Cepu asal Desa Pelem itu.(dwi/mcb)

Leave a Comment