Share

Peresmian Masjid Berkubah Emas di Dander Bojonegoro

Masjid yang berarsitek ala Timur tengah modern ini dirancang oleh arsitek asal jakarta, Oka Garis Prada, kedepannya akan dikembangkan sebagai tempat Pondok pesantren

Bojonegoro (Media Center) – Masjid berkubah emas di Desa Dander, Kecamatan Dander Bojonegoro Jawa Timur, bakal diresmikan oleh Bupati Bojonegoro, Drs H Suyoto MSi. Rencananya, peresmian Masjid yang diberi nama Al Birru tersebut bakal dilangsungkan pada akhir pekan ini (25/1/2014).

“Kami juga mengundang sejumlah tokoh nasional, diantaranya ada Adiyaksa Daud, Sofyan Jalil, Khomarudin Dayat,KH Hasyim Muzadi, Muoerdianto (mantan Mendagri) serta Basofi Sudirman,” ujar Basuki, salah satu anggota keluarga yang membangun masjid tersebut.

Keluarga Santoso, warga setempat, adalah yang mempunyai ide awal dan membangun masjid mewah tersebut. Menurut Basuki, awalnya pembangunan masjid yang berdiri di atas lahan seluas 1.1 hektar tersebut adalah sebagai hadiah bakti kepada nenek dan kakek keluarga tersebut.

Bangunan masjid tersebut mempunyai 3 lantai yang dilengkapi dengan area parkir dan sarana bermain. “Lantai 1 berupa hall yang diperuntukkan sebagai ruang untuk acara pertemuan serbaguna, sementara lantai 2 diperuntukkan jamaah sholat pria dan lantai 3 untuk jamaah putri,” katanya.

Masjid yang berarsitek ala Timur tengah modern ini dirancang oleh arsitek asal jakarta, Oka Garis Prada, kedepannya akan dikembangkan sebagai tempat Pondok Pesantren, TPQ, pusat belajar, pengembangan agama Islam dan akan dibangun radio komunitas.

Saat peresmiannya, pada malam hari akan digelar wayang orang dengan lakon Dewi Sri Boyong dengan dalang Ki Purbo. Acara tersebut merupakan hasil kerja sama antara Dinas Pariwisata Kebudayaan (Disparbud) Bojonegoro dan Bank Indonesia (BI), rencananya akan disiarkan secara langsung melalui channel 95,8 Radio Malowopti Fm. (tin/ramcb)

Leave a Comment