Share

Peringati HPSN,Pemerintah Gelar Bersih Bengawan

Kepala DLH Pemkab Bojonegoro Nurul Azizah (kiri) ikut membersihkan sampah di tepian Bengawan Solo. (Ririn)

Bojonegoro, 22/2/2019 (Media Center) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro bersama Kepolisian Resort (Polres), jajaran Kodim 0813 setempat dan pemerhati lingkungan bergerak untuk membersihkan sampah yang tersebar di lingkungan Sungai Bengawan Solo wilayah Bojonegoro, Jumat (22/2/2019).

Berpusat di Taman Bengawan Solo (TBS), Kelurahan Ledok Kulon, aksi tersebut dilaksanakan untuk memperingati Hari peduli Sampah Nasional (HPSN).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah mengatakan bahwa salah satu kegiatan diisi dengan kerja bakti bersih-bersih sampah di bantaran Sungan Bengawan Solo.

“Hal itu dilakukan karena banyak sampah yang dibuang sembarangan oleh penduduk yang kurang peka terhadap kebersihan lingkungan sekitar bengawan,” ujar wanita berhijab ini, menjelaskan.

Aksi bersih sampah itu diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk saling menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Karena, selain mencemari lingkungan pembuangan sampah yang sembarangan juga berpotensi menyebabkan banjir.

Pada kegiatan tersebut Kapolres Bojonegoro bersama jajaran Kodim 0813 Bojonegoro terjun langsung membantu membersihkan sampah di lingkungan Taman Bengawan Solo (TBS). Kerja bakti tidak hanya dilakukan di tepi sungai namun juga di tengah aliran Sungai Bengawan Solo.

“Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian Polres Bojonegoro untuk menjaga lingkungan di sekitar Sungai Bengawan Solo”, imbuh Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadly.

Dalam aksi tersebut Dinas Lingkungan Hidup mengajak warga sekitar bantaran sungai sebanyak 250 orang untuk membantu membersihkan sungai dari sampah.(*dwi/mcb)

Leave a Comment