Share

Permudah Akses ke Tol Ngawi – Kertosono, Bupati Bojonegoro Usulkan Percepatan Pembangunan Infstruktur Perbatasan

Bojonegoro, Media Center – Bupati Bojonegoro Anna Muawanah bersama sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) melakukan kunjungan kerja ke exiting (pintu keluar) tol Nganjuk, Jawa Timur, Minggu (15/9/2019). Kunjungan ini menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kepada kepala daerah untuk melihat exiting tol guna mempermudah akses pembangunan infrastruktur.

Bupati Anna Muawanah menjelaskan, Bojonegoro sangat berkepentingan dengan kebaradaan tol Ngawi – Kertoso. Karena banyak warga Bojonegoro yang memanfaatkan jalan tol tersebut.

Kunjungan ke exiting Tol Nganjuk hari ini, lanjut dia, akan dijadikan bahan usulan kepada pemerintah pusat untuk mempercepat pembangunan infrastruktur menuju pintu tol.

Ada sejumlah wilayah Bojonegoro bagian selatan yang dapat memanfatkan tol Nganjuk maupun Ngawi. Yakni Dander, Temayang, Bubulan, Gondang dan Sekar.

“Jika pembangunan infrastruktur menuju tol Nganjuk ini dipercepat tentu akan memudahkan akses masyarakat,” tegasnya.

Sehingga masyarakat di wilayah Gondang, Sekar dan sekitarnya, lanjut dia, tidak harus memutar melewati Bojonegoro kota untuk menuju Surabaya, Jombang dan kota lainnya.

“Itu akan mempercepat waktu. Kalau warga selatan harus lewat Bojonegoro jaraknya cukup jauh dan memakan waktu lama, bisa 100 kilo meter lebih,” tutur Bu Anna, sapaan akrab Bupati Bojonegoro.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bojonegoro, I Nyoman Sudana, menambahkan, percepatan pembangunan infrastruktur di daerah perbatasan menuju pintu keluar Tol Ngawi maupun Nganjuk perlu segera dilakukan. Diantaranya perbaikan infrastruktur wilayah Sekar yang menghubungkan Ngawi.

Panjang jalan Sekar – Ngawi sepanjang 30 Kilo Meter (KM). Dari panjang jalan itu, jalan yang masuk wilayah Bojonegoro sepanjang 1,5 kilo meter. Selebih masuk wilayah Ngawi.

“Kalau yang masuk wilayah Bojonegoro bisa kita bangun sendiri. Tapi kalau yang wilayahnya Kabupaten Ngawi perlu dikoordinasikan dengan pemerintah provinsi dan pusat,” sambung Nyoman saat mendampingi Bu Anna.

Menurut dia, dengan percepatan pembangunan infrastruktur di wilayah perbatasan ini mempercepat dan memudahkan masyarakat menuju tol Ngawi – Kertosono.

“Ini yang akan kami usulkan ke pusat untuk mendukung Tol Ngawi – Kertosono,” pungkasnya.

Sejumlah Kepala OPD yang ikut mendampingi Kunjungan Bupati diantaranya Kepala Dinas PU Bina Marga Nur Sujito, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nurul Azizah, Kepala Dinas Perhubungan Adie Witjaksono, Kabag Humas dan Protokoler Masirin, dan Kepala Bagian Umum Moch Mahmudin. Juga Kapolres Bojonegoro, AKBP. Ary Fadli, Dandim 0813 Letkol Inf Bambang Hariyanto.(Dwi)

Leave a Comment