Share

Perpusdes Bojonegoro Masuk Penilaian Lima Nasional

Bojonegoro (Media Center) – Perpustakaan Desa (Perpusdes) Tunas Asa Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, terus mematangkan persiapan penilaian lomba perpudes tingkat nasional. Persiapan yang dilakukan meliputi pengelolaan dan penyediaan buku bacaan, administrasi, litbang data dengan memanfaatkan teknologi informatika (IT), jaringan wifi, mengandeng komunitas di wilayah desa setempat.

Sejumlah komunitas itu di antaranya adalah kerajinan tonggak akar jati, kambing etawa, jamur tiram, pembuat sangkar burung dari anyaman bambu, suku samin.

Ketua Perpusdes Tunas Asa, Yuli, mengungkapkan, keberadaan perpusdes ini sangat mengisnpirasi warga di sini lebih kreatif dan inovatif menangkap peluang. “Mereka mengembangkan usahanya dari membaca buku-buku bacaan di perpustakaan ini,” kata Yuli.

Sejak berdirinya perpusdes yang berada di samping balai desa dengan menempati tanah kas desa itu banyak dimanfaatkan perempuan di Desa Margomulyo. Mereka memanfaatkan perpustakaan ini di sela-sela kesibukannya menunggu anak-anaknya yang belajar di pendidikan anak usia dini (PUAD) yang berada satu lokasi dengan balai desa.

“Dari 18 pengurus perpusdes ini, 80 persennya adalah kaum perempuan,” tegas Yuli.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Perpustakaan Daerah (Perpusda) Bojonegoro, HS Taufik Slamet, menambahkan, penilaian lomba perpusdes tingkat nasional ini akan dilaksanakan pada Agustus ini. Hanya saja kapan waktunya masih menunggu provinsi dan tim dari nasional.

“Suratnya sudah kita terima kita menunggu konfirmasi dari sana,” sambung Taufik.

Ada lima perpusdes di Indonesia yang masuk ke tingkat nasional yakni Perpusdes dari Provinsi Jawa Tengah, Perpusdes Provinsi dari Kalimantan Tengah, Perpusdes dari Riau Kepulauan Bangka Belitung, dan Perpusdes dari Provinsi Jatim yang diwakili Bojonegoro.

“Sampai saat ini persiapannya sudah mencapai 85 persen. Kita optimis dapat meraih jura karena perpudes Tunas Asa bener-benar dimanfaatkan dan menginspirasi warga ,” tegas Taufik. (dwi/*mcb)

1 Comment on this Post

  1. fauzi zamzam

    Terus melayani rakyat, rakyat kita bisa pintar kok

    Reply

Leave a Comment