Share

Perpustakaan Tunas Asa Wakili Masuk 5 Besar Nasional

Bojonegoro (Media Center) – Setelah melewati beberapa tahapan, Perpustakaan Tunas Asa dari Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, berhasil melaju lima besar mewakili Jawa Timur ke tingkat nasional lomba perpustakaan.

Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono, sempat menyambut kedatangan tiga juri dari pusat pada Jumat (28/8). Selanjutnya, rombongan tim penilai pusat dan pendamping dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur melakukan penilaian lapangan.

Asisten III Sekkab Bojonegoro, Yayan Rohman dalam sambutannya menyampaikan, perpustakaan memiliki peranan yang penting dalam upaya meningkatkan kapasitasi sumber daya manusia mulai dari ilmu pengetahuan, budaya, informasi. Tidak hanya itu perpustakaan memiliki kontribusi dalam upaya pencapaian pembangunan.

Dia menyampaikan, perpustakaan juga memiliki peranan sebagai agen perubahan ditengah masyarakat. Disisi lain perpustakaan diharapkan juga menjadi fasilitator pembangunan yang bergerak dan bersinergi bersama masyarakat.

“Hal utama yang kita upayakan adalah bagaimana meningkatkan minat baca masyarakat dan generasi muda bojonegoro baik disegenap lapisan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Tim penilai dari pusat Sudirwan Hamid dihadapan warga masyarakat margomulyo menyampaikan saat ini Bojonegoro sudah masuk lima besar nasional ketegori klaster A bersama dengan beberapa propinsi lain antara lain propinsi jawa barat, jawa tengah, kalimantan timur dan bangka belitung.

Sudirwan menyampaikan perpustakaan diharapkan bisa berkembang semakin maju dan memberi kontribusi luar biasa ditengah masyarakat, jangan hanya bagus pada saat penilaian saja namun dalam setiap hari tidak ada aktifitas.

Dia mengungkapkan, akan lebih bermanfaat jika perpustakaan desa ini diakses oleh masyarakat dan dimanfaatkan kegiatan dalam upaya pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

“Harapan terbesar adalah bagaimana  perpustakaan hadir sebagai solusi bagi masyarakat,” pungkasnya.(humas/*mcb)

Leave a Comment