Share

Persiapan UN CBT, Disdik Bojonegoro Koordinasi Dengan PLN dan Telkom

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Pendidikan Daerah(Disdikda) Kabupaten Bojonegoro telah berkoordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Telkom setempat untuk pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Computer Based Test(CBT) pada 4-7 April mendatang.

Kabid Pendidikan SMP/SMA/ SMK Dinas Pendidikan Bojonegoro, Pudji Widodo mengatakan jika pihaknya telah berkoordinasi dengan pihal PLN setempat untuk tidak memadakan listrik saat pelaksanaan UN CBT tersebut. Selain PLN pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak Telkom dalam hal kelancaran koneksi internet.

“jika ada pemadaman maka UN CBT bisa gagal, tapi ya belum tahu kalau bisa diulangi lagi di jam selanjutnya,” ungkapnnya.

Meski pihak PLN sudah menyanggupi tidak ada pemadaman saat pelaksanaan UN CBT, namun pihaknya telah mengimbau kepada masing-masing sekolah yang menyelenggarakan UN CBT agar menyediakan generator set (genset).

“Tetapi kita tidak memaksa, kita serahkan ke sekolah karena pengadaan genset cukup mahal,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan, UN berbasis Computer Bassed Test CBT) di Kabupaten Bojonegoro pada tahun ini diikuti oleh sebanyak 20 sekolah rinciannya, 14 SMK(Sekolah Menengah Kejuruan), 5 SMA(Sekolah Menengah Atas), dan satu MA (Madrasah Aliyah).

“Tahun ini lebih banyak dari tahun kemarin, tahun kemarin hanya lima sekolah yang merepakan basis UN CBT,” pungkas mantan Kepala Sekolah SMAN 1 Bojonegoro.

Seperti yang diketahui Tahun ini jumlah peserta yang mendaftar UN sebanyak 22.661 siswa. Jumlah tersebut berdasarkan pendaftaran nominatif sementara (DNS) peserta Unas yang dikirimkan ke Kemendikbud.

Jumlah tersebut mulai dari jenjang SMP, SMA, dan SMK baik negeri maupun swasta. Rinciannya, SMP 11.837 peserta, SMA 6.066 peserta, SMK 4.758 peserta.(dwi/mcb)

Leave a Comment