Share

Pertamina EP Dukung Sumur Tua Sebagai Icon Wisata

Bojonegoro (Media Center) – Pertamina EP turut mendukung desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, dikembangkan sebagai sebuah Icon Wisata dikarenakan, wilayah ini terdapat ratusan sumur minyak tua yang dikelola secara tradisional  lebih dari 100 tahun.

Sumur-sumur itu menjadi gantungan hidup ribuan masyarakat. Selain itu, memiliki keterbatasan produksi dan karena itu juga punya keterbatasan untuk terus menerus menjadi gantungan hidup.

Field Manager Pertamina EP, Agus Amperiyanto, mengatakan, usaha penambahan sumur-sumur baru secara ilegal  untuk meningkatkan produksi dari sekitar 320 sumur menjadi 720 sumur.

“Kami lihat sebagai bentuk eksploitasi alam berlebihan. Ini bukan hanya merusak lingkungan, mengancam kesehatan dan keselamatan penambang, tetapi juga akan mempercepat habisnya sumber daya minyak yang selama ini menjadi gantungan hidup masyarakat,” ujarnya.

Karena itu, Pertamina EP mendukung Bupati Bojonegoro, Suyoto dan Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi bahwa perlu ada langkah konkret yang menjadi solusi bagi terjaganya kelestarian lingkungan tanpa mengorbankan kesejahteraan rakyat di wilayah sumur tua.

“Mengembangkan kawasan sumur tua di wilayah Wonocolo sebagai obyek wisata  sebagai penopang  program Petroleum Geopark Bojonegoro merupakan pilihan yang paling tepat,” tandasnya.

Hal ini untuk bisa melepaskan masyarakat dari ketergantungan hidup dari kegiatan penambangan minyak secara tradisional.(dwi/mcb)

Leave a Comment