Share

Pertamina EP Proses Imbalan Jasa Minyak Mentah

Bojonegoro (Media Center) – Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Jawa Tengah, masih memproses pembayaran imbalan jasa pengambilan minyak mentah sumur minyak tua di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, produksi selama Agustus.

“Kami masih melakukan rekapitulasi produksi minyak mentah untuk Agustus,” kata Manajer Keuangan Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Jawa Tengah, Teguh Budi Santoso, di Bojonegoro, Rabu (3/9).

Selain itu, lanjut dia, pembayaran imbalan jasa pengambilan minyak mentah sumur minyak tua, di sejumlah desa di Kecamatan Kedewan dan Malo, kepada para penambang tidak bisa dengan cepat dilakukan, karena proses adminstrasi pencairan uang.

“Apalagi saat ini masih masa transisi dalam pengelolaan sumur minyak tua yang semula dipegang KUD, beralih ke empat paguyuban penambang,” jelas dia.

Meski demikian, ia menjanjikan proses pembayaran imbalan jasa pengambilan minyak mentah sumur minyak tua, ke depannya akan dipercepat.

“Ya, paling tidak produksi pembayaran imbalan jasa bisa dilakukan setelah produksi dua pekan,” tandasnya.

Ia menambahkan pembayaran imbalan jasa atau ongkos angkat dan angkut minyak mentah di lapangan sumur minyak tua untuk produksi Juli sudah dibayarkan kepada empat paguyuban penambang sekitar Rp17 miliar.

“Produksi rata-ratanya selama Juli sekitar 1.300 barel per harinya,” katanya.

Keterangan yang diperoleh, di Desa Wonocolo, Hargomulyo dan Beji, Kecamatan Kedewan dan Desa Kedungsumber, Kecamatan Malo, terdapat sekitar 700 sumur minyak, baik sumur minyak tua maupun sumur minyak hasil pengeboran baru.

“Tidak semua minyak mentah produksi lapangan sumur minyak tua yang disetorkan ke Pertamina EP Cepu. Masih ada berkisar 300-500 barel/hari, yang dijual keluar,” ucapnya, menambahkan. (sa/mcb).

Leave a Comment