Share

Pertamina Tak Hadir, Muspika Kedewan Kecewa

Rencana pertemuan antara Pertamina dengan penambang batal, sebelumnya penambang melawan penertiban yang dilakukan Pertamina

Bojonegoro (Media Center) – Pihak Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengaku kecewa dengan tidak hadirnya Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Asset 4 Field Cepu dalam pertemuan dengan penambang sumur minyak tua di Desa Kawengan, Kamis (6/2/2014) siang tadi.

Sebelumnya, para penambang meminta ada pertemuan dengan pihak Pertamina terkait penertiban yang dilakukan terhadap sumur tua yang mereka kelola. Pertemuan tersebut membahas gejolak warga akibat penertiban sumur tua yang dilakukan PEP Asset 4 Field Cepu bersama Satuan Polisi Militer (SPM) Bojonegoro, dan KSO – PEP PT Geo Cepu Indonesia, Rabu (5/2/2014) kemarin.

“Pertamina gak datang, jadi ya gak jadi pertemuan,” kata Camat Kedewan, Moch Tharom saat dihubungi melalui ponselnya sore tadi (Kamis, 6/2/2014). “Padahal penambang dan Muspika Kedewan dan Senori, Kabupaten Tuban tadi sudah datang di Kawengan,” lanjut dia.

Tharom berharap, Pertamina menunda dulu penertiban sebelum melakukan pertemuan dan ada kesepakatan dengan penambang agar tidak menimbulkan gejolak sosial. “Yang penting saat ini penambang terkendali sehingga situasi tetap terkendali,” tutur dia.

Ketiga disinggung tentang aktifitas penambangan pasca penertiban kemarin, Tharom mengaku, belum tahu. Namun dia mengungkapkan, bahwa di wilayah Kawengan saat ini terdapat ratusan sumur tua yang ditambang oleh warga.

Sementara itu, Staff public relation PEP Asset 4 Field Cepu, Aulia Arbani, membenarkan pembatalan pertemuan tersebut. “Tidak hari ini,” ujar Aulia.

Seperti diberitakan sebelumnya, penambang sumur tua di kawengan melakukan perlawanan ketika Pertamina melakukan penertiban. Ada beberapa sumur yang akan ditertibakan yakni KW05, KW Phz 01, Phz 05, KWP 15, KWP 20, KW08, KW 11, KW 89, KW 118. Namun baru baru satu sumur yang ditertibakan yakni KW05 warga melakukan perlawanan dan penertiban dihentikan sementara. (numcb)

Leave a Comment