Share

Peserta Pawai Budaya Bojonegoro Tingkat SD-SMP Tampilkan “Live Music”

Bojonegoro, 7/10 (Media Center) – Rangkaian peringatan HUT RI yang ke 72 dan hari jadi Bojonegoro (HJB) ke 340 terus berlangsung. Diantaranya adalah kegiatan Pawai Budaya yang menjadi agenda tahunan dan ditunggu-tungu oleh warga Bojonegoro. Dalam kegiatan pawai budaya tingkat SD-SMP kali ini, sebanyak 32 regu turut meramaikan dengan mengusung berbagai tema.

Pawai yang berlangsung pada Sabtu (7/10) mengambil start di depan pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro dengan rute sepanjang 8 kilometer dan finish di JL. AKBPM Soeroko.

Staf Ahli Bupati Bojonegoro, Tedjo Sukmono saat pembukaan acara menyampaikan pawai budaya ini menjadi agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Para peserta menampilkan beragam budaya tradisi maupun adat yang unik diberikan ruang untuk tumbuh dan berkembang.

“Pawai budaya ini menjadi salah satu bentuk pelestarian kearifan lokal. Budaya karakteristik Bojonegoro harus kita jaga dan kita lestarikan sebagai salah satu harta warisan bagi generasi mendatang,” ujarnya.

Tema pawai budaya menjunjung tinggi nilai budaya, sejarah, adat dan kearifan lokal dalam rangka menuju Bojonegoro bersatu melangkah maju. Dengan pawai budaya ini menjadikan keragaman yang berbhineka tunggal ika.

Saat diberangkatkan, masing-masing peserta memiliki waktu 2 menit untuk menyajikan pementasan didepan tamu undangan. Yang menarik, peserta diwajibkan untuk membawa iringan musik langsung seperti gamelan, oklik dan tampilan drumband.

Tak hanya pawai tingkat SD-SMP saja, warga Bojonegoro juga masih akan dimanjakan dengan pawai budaya tingkat SMA dan Umum yang akan berlangsung pada Minggu (8/10) besok.(*mcb)

Foto: Dokumentasi Humas

Leave a Comment