Share

Peserta Perahu Hias Bengawan Bojonegoro Meningkat

Bojonegoro (Media Center) – Panitia Kelompok Kerja Festival Bengawan di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyebutkan panitia sudah menerima 40 peserta perahu hias Festival Bengawan 2015, meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 27 peserta.

“Semua peserta yang sudah mendaftar ikut dalam perahu hias Festival Bengawan dari warga di sepanjang Bengawan Solo,” kata Ketua Kelompok Kerja Festival Bengawan 2015 di Bojonegoro Wahyu Subakdiono, Selasa (8/9).

Menurut dia, peserta perahu hias Festival Bengawan 2015, masih akan bertambah, sebab dinas/instansi, juga lembaga swasta, belum ada yang mendaftar.

“Kemungkinan pesertanya masih akan bertambah dari dinas/instansi dan perusahaan swasta,” katanya, menegaskan.

Lebih lanjut ia menjelaskan peserta perahu hias dari masyarakat akan memperoleh subsidi anggaran, untuk menghias perahunya.

“Panitia tidak menyediakan bantuan anggaran untuk peserta dari dinas/instansi, juga lembaga swasta, sehingga dalam menghias perahu menjadi tanggung jawab masing-masing,” katanya.

Sesuai rencana, perahu hias Festival Bengawan 2015, akan digelar 20 September. Perjalanan perahu hias dimulai dari lokasi Bengawan Solo di Bendung Gerak di Kecamatan Kalitidu dan berhenti di taman Bengawan Solo (TBS) di utara Pasar Kota atau di tambangan Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk.

“Perum Jasa Tirta I Malang, yang mengelola Bengawan Solo, sudah menjanjikan akan menambah debit air Bengawan Solo melalui pintu pengeluaran di Bendung Gerak,” katanya, menegaskan.

Secara bersamaan panitia Festival Bengawan 2015, juga menggelar berbagai kegiatan lainnya, dengan mengambil lokasi di Bengawan Solo, antara lain, festival damar kurung kambangan (lampion apung), dan festival layang-layang.

Selain itu, juga lomba menangkap bebek, renang, permainan anak dan sastra bengawan, semuanya di Bengawan Solo. (sa/mcb)

Leave a Comment