Share

Petani Bojonegoro Dilatih Manfaatkan Cybex

Foto: Tim IPB saat memperkenalkan Cybex di Bojonegoro (humas)

Bojonegoro (Media Center) – Menyiapkan program Cyber Extention (Cybex) yang telah diluncurkan secara nasional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pertanian (Distan) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana melatih para petani di Bojonegoro.

“Pelatihan itu akan diikuti oleh 9 kelompok tani yang tersebar di seluruh Kabupaten Bojonegoro,” kata Drs Bambang Agus, selaku sekertaris Distan Bojonegoro. Pelatihan yang difasilitasi oleh Dinkominfo tersebut diselenggarakan di laboratorium iPC yang ada di Gedung Media center Pemkab Bojonegoro.

Materi pelatihan sendiri diutamakan bertemakan cybex itu sendiri, yakni bagaimana agar petani dapat memanfaatkan kemajuan tekhnologi informasi untuk meningkatkan produktifitasnya. “Ini rangkaian kerjasam dengan Institut Pertanian Bogor,” jelas Kusnandaka Tjatur, selaku Kepala Dinas Kominfo (Senin, 23/12/2013).

Secara praktis, diharapkan nantinya petani di Bojonegoro dapat melakukan konsultasi secara langsung dengan ahli pertanian di IPB. Konsultasi berbasis tekhnologi tersebut, dapat diakses oleh seluruh petani di wilayah yang melakukan kerjasama serupa dengan IPB.

“Formulasinya menggunakan media yang paling mudah, murah dan populer dulu, mungkin tahap awal ini masih menggunakan jejaring sosial,” ujar Mochammad Rifa’i, salah satu narasumber dari Media Center Bojonegoro. Sebanyak 30 petani telah dijadwalkan untuk mengikuti pelatihan tahap awal itu, diantaranya adalah petani bawang merah dan salak. (ramcb)

Leave a Comment