Share

Petani: Ternyata Kalau Sudah Kenal, Tidak Susah

Bojonegoro (Media Center) – “Ternyata kalau sudah dikenalkan, tidak sulit,” demikian diucapkan oleh EKo, petani asal Desa, Kuncen, Kecamatan Padangan, seusai mengikuti pelatihan pemanfaatan Tekhnologi Informasi untuk Cyber Extension (Cybex) di Geduang Media Center Bojonegoro.

Eko, seperti halnya 30 petani lain, mengaku sebelumnya hanya mendengar jejaring sosial dari berita-berita di media massa. “Sekarang saya sudah kenal dan bisa menggunakannya,” tambahnya. Dalam pelatihan itu sendiri, jejaring sosial akan digunakan sebagai jembatan bagi petani di sejumlah kecamatan untuk berbagi mseputar produksi pangan di daerahnya masimng-masing.

“Untuk tahap awal ini, petani akan berinteraksi melalu group facebook, namanya Cybex Petani Bojonegoro,” terang Djoko Suhermanto, selaku Kepala Bidang Jaringan Komunikasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro.

Secara praktis, para petani akan berinteraksi, menyampaikan permasalahan dan inovasinya melalui group yang difasilitasi Media center tersebut. Setelah itu, Media Center akan meneruskannya ke Institut Pertanian Bogor (IPB). “Kalau sudah ada jawaban, akan dibagikan melalui group yang sama dan melalui website Media Center,” tambahnya, (ramcb)

Leave a Comment