Share

Peternak Bojonegoro Mampu Produksi Pakan Konsentrat 1,2 Ton/Hari

“Kami mencoba memproduksi pakan ternak konsentrat sendiri yang kandungannya sudah lengkap untuk kebutuhan ternak,” kata Mochammad Ja’i, selaku manager KBSR

Bojonegoro (Media Center) – Dampak dari arus informasi yang baik, mulai dirasakan oleh peternak di Bojonegoro Jawa Timur, salah satunya adalah yang dialami oleh Kandang Belajar Sapi Rakyat (KBSR) di Desa Brabohan, Kecamatan Gayam. Saat ini, KBSR Desa Brabohan telah menjadi produsen pakan ternak konsentrat.

Bila biasanya para peternak mengandalkan hijauan (daun dan rerumputan) untuk pakan ternaknya, kini KBSR di Brabohan tak perlu lagi tergantung pada pakan ternak konvensional tersebut. “Kami mencoba memproduksi pakan ternak konsentrat sendiri yang kandungannya sudah lengkap untuk kebutuhan ternak,” kata Mochammad Ja’i, selaku manager KBSR (30/4/2014).

Berbekal modal dari CSR industri migas yang diperolehnya, saat ini pihaknya mampu memproduksi sebanyak 1,2 ton/hari, dari jumlah produksi tersebut sebanyak 6 kwintal (kw) digunakan untuk kebutuhan KBSR sendiri dan sisanya dijual kepasaran. “Harganya Rp 2,200 per kg. Memang murah, karena kami tidak berorientasi pada keuntungan,” tambahnya.

Ja’i mengaku, pembuatan konsentrat pakan terank tersebut lebih pada pemberdayaan masyarakat, terutama yang berhubungan dengan peternakan. “Saya senang kalau nantinya semua peternak bisa memproduksi sendiri, kita akan suport sepenuhnya,” pungkasnya. (*/jkmcb)

Leave a Comment