Share

Pimpin Apel Pagi di Kecamatan Sumberrejo, Bupati Anna Minta ASN Tingkatkan Pelayanan

Bojonegoro, Media Center – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah memimpin apel pagi di halaman Kantor Kecamatan Sumberrejo, Kamis (2/7/2020). Apel diikuti camat dan para karyawan.

Bupati Anna dalam sambutannya menekankan kepada aparatur sipil negara (ASN) untuk meningkatkan pelayanan guna memberikan kepuasan kepada masyarakat.

“Kita harus bisa menghindari celah kepada masyarakat yang tidak puas. Karena itu harus bisa memberikan kepuasan pelayanan yang lebih. Misalnya masyarakat minta A, kita kasih A plus, masyarakat minta B kita B plus. Jadi masyarakat bisa puas. Itu tugas kita bersama,” pesan Bu Anna, panggilan akrab Bupati Bojonegoro.

Bu Anna juga menyinggung soal Tunjangan penghasilan pegawai (TPP). Menurutnya, Pemkab telah mendorong adanya penambahan TPP untuk tahun 2020. Namun pada awal tahun, pemkab mendapat surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN- RB), bahwa penambahan TPP tidak boleh dilaksanakan tahun ini, melainkan tahun 2021.

“Setelah itu keluar lagi surat dari Kementerian Keuangan agar anggaran difokuskan untuk Covid-19. Sehingga penambahan TPP tidak bisa dilakukan tahun 2020 ini. Artinya pegawai tahun ini tetap dapat TPP. Tapi untuk kenaikan TPP kita laksanakan di tahun 2021,” tegasnya.

Pada kesempatan itu Bu Anna juga meminta kepada semua ASN untuk membantu mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa sekarang ini Pemkab Bojonegoro sedang melakukan pembangunan infastruktur besar-besaran, terutama peningkatan jalan. Seperti di wilayah timur, Sumberrejo, Baurno, Kanor dan Kedungadem. Sehingga akan ada dampak yang ditimbulkan dari pembangunan tersebut seperti polusi debu.

“Tolong disampaikan kepada masyarakat kalau tidak penting jangan keluar rumah. Kalau terpaksa keluar rumah tetap pakai masker. Apalagi sekarang ini memasuki musim kemarau,” tuturnya.

Bu Anna menegaskan jika sekarang ini semua lelang proyek di Bojonegoro telah dilaksanakan secara terbuka. Yakni menggunakan sistem online melalui unit layanan pengadaan (ULP) terintegrasi dengan lembaga kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Artinya kontraktor Bojonegoro maupun luar daerah bisa mengikuti lelang di Bojonegoro. Begitu juga kontraktor Bojonegoro bisa mengikuti lelang di daerah lain.

“Semua sudah berbasis keterbukaan. Jadi tidak ada yang namanya titip-titipan seperti dulu. Kenapa kontraktor luar daerah masuk ke sini, itu semua yang membawa sistem. Karena semua pengadaan dan lelang sistemnya online,” tandas bupati perempuan pertama Bojonegoro itu.

Bupati Anna juga mengucapkan terimakasih kepada ASN dan semua pihak yang sudah mendukung kebijkan pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Bojonegoro. Karena Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Bojonegoro tahun 2019 mendapat penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Ini prestasi yang membanggakan yang harus dijaga dan terus ditingkatkan,” pesannya.

Camat Sumberrjo, Sony Sumarsono berharap dengan kehadiran Bupati Anna dalam apel pagi ini akan dapat lebih memotivasi peningkatan kinerja.

“Ini menjadi penyemangat kami semua yang bertugas di kecamatan,” ucapnya.(Dwi)

Leave a Comment