Share

PKK Bojonegoro Latih Kader Isi Buku Dawis Dengan IT

Bojonegoro (Media Center) – Ratusan tim PKK dari desa dan kecamatan se Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengikuuti pelatihan pengisian buku data dawis (Dasa Wisma) yang aplikasinya dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinkominfo) di Pendopo Malowopati kantor Pemkab, Rabu (2/3).

Ketua tim PKK Bojonegoro, Mahfudhoh Suyoto, mengatakan, pelatihan ini dilakukan supaya semua kader PKK bisa mengaplikasikan data melalui sistem IT yang bekerjasama dengan Dinas Kominfo.

“Pendataan ini sudah kami lakukan sejak 2014 lalu, tetapi masih dalam bentuk manual atau buku. Sekarang mulai memanfaatkan teknologi dengan IT. Sehingga memudahkan Pemkab mendapatkan data secara online,” jelasnya.

Ada 300 indikator yang dimasukkan dalam aplikasi pengisian data dawis salah satunya mengenai anggaran. Sehingga, dengan adanya data tersebut Pemkab bisa mengetahui daerah mana yang tingkat ekonomi masyarakatnya rendah.

“Kendala pengisian data ini lebih ke masyarakat, mereka tidak semuanya mau didata. Sehingga butuh pendekatan supaya mereka bisa lebih terbuka pada kita,” pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment