Share

PMI Bojonegoro Gelar Donor Didua Lokasi

Bojonegoro (Media Center) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (17/8), menggelar donor darah di dua lokasi bersamaan HUT ke-70 RI yaitu di lokasi wisata alam di Kedung Maor, Kecamatan Temayang dan di Kecamatan Purwosari.

“Donor darah di dua lokasi ini atas permintaan panitia pelaksana usai upacara agustusan,” kata Humas PMI Kabupaten Bojonegoro Ali Syafa’at, di Kedung Maor, di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang.

Di lokasi obyek wisata di Kedung Maor, dilaksanakan darah dengan peserta anggota pecinta alam Bojonegoro (FPAB), yang melaksanakan upacara HUT ke-70 RI di lokasi setempat.

Oleh karena itu, katanya, petugas PMI datang langsung ke lokasi Kedung Maor, lengkap dengan kendaraan unit donor darah dan perlengkapan pengambilan darah.

“Ada sejumlah anggota FPAB yang bersedia melaksanakan donor darah,” ucapnya.

Di Kecamatan Purwosari, jelas dia, petugas PMI dengan kendaraan donor darah juga datang langsung atas permintaan Mahasiswa Universitas Gajahmada, yang melaksanakan KKN di Kecamatan Purwosari.

“Pelaksanaan donor darah juga dilakukan usai upacara HUT ke-70 RI, yang dilaksanakan Mahasiswa UGM yang KKN di Purwosari,” jelas dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan pendonor tidak harus datang ke kantor PMI untuk melaksanakan donor darah, tapi bisa dilaksanakan di tempatnya masing-masing.

“Misalnya ada lima pendonor darah kami siap mendatangi, sebab kami memiliki mobil dan bus unit donor darah,” ucapnya.

Ia menambahkan perolehan darah di daerahnya dari pendonor rata-rata sekitar 1.500 kantong/bulan, masih belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan darah yang jumlahnya rata-rata bisa mencapai 2.500 kantong/bulan.

“Kekurangannya kami meminta bantuan pasokan darah dari PMI Surabaya, Madiun, atau daerah lainnya, selain dari pendonor keluarga pasien,” katanya. (sa/mcb).

Leave a Comment