Share

PMI Bojonegoro Kirim Relawan Bantu Rehabilitasi Lombok

relawan PMI membangun huntara

Bojonegoro, 12/9 (Media Center) – Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Bojonegoro telah mengirim tiga orang relawan untuk turut membantu masa rehabilitasi pasca gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tiga orang relawan ini diberangkatkan, Senin (10/9) dan dijadwalkan kembali ke Bojonegoro pada Kamis (20/9) mendatang.

Sekretaris PMI Bojonegoro, Suko H Widodo mengatakan, tiga orang relawan yang berangkat yakni atas nama Muhani, Dian Susanto dan Luki Hermawan. Ketiga relawan ini, saat ini tengah bertugas di Lombok Utara.

“Dua orang relawan bertugas sebagai tim medis karena memiliki basis pendidikan medis, sementara satu lainnya bergabung di posko PMI,” terang pria yang akrab disapa Suko ini.

Ia menjelaskan, PMI Bojonegoro baru mengirimkan relawan lantaran menyesuaikan kebutuhan di lokasi bencana. Saat fase Tanggap Darurat, yang dibutuhkan adalah peralatan medis seperti mobil ambulans, perlengkapan kesehatan lainnya serta personel untuk mengoperasikan.

“Kita tidak bisa memenuhi itu karena keterbatasan anggaran. Jadi saat Tanggap darurat kita hanya mengirimkan dana hasil donasi serta 20 kantong darah,” lanjutnya.

Pemberangkatan relawan ini, imbuhnya, dilakukan karena saat ini Lomboh telah memasuki fase rehabilitasi serta pemulihan pasca bencana. Dan hal ini, tentu membutuhkan banyak relawan untuk membangun hunian sementara (huntara), pencairan sumber air bersih, dapur umum serta penyaluran logistik ke kanton-kantong pengungsian.

“Saat ini Lombok membutuhkan banyak relawan untuk membangun Huntara, setelah gelombang pertama ini, PMI Bojonegoro akan mengirimkan tiga relawan lagi pada 17 September mendatang,” ujarnya.(*lya/mcb)

Leave a Comment