Share

PMI Bojonegoro Peringati Bencana Tsunami Aceh

Bojonegoro (Media Center) – PMI Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), Kamis, memperingati bencana Tsunami Aceh yang terjadi sembilan tahun lalu dengan menggelar pelatihan pendidikan dasar (diklat) korps sukarelawan (KSR) yang diikuti 30 peserta.

“Di berbagai daerah di Indonesia saat ini memperingati bencana Tsunami Aceh yang ke-9 dengan menggelar berbagai kegiatan termasuk Bojonegoro menggelar diklat KSR,” kata Sekretaris PMI Bojonegoro Sukoha Widodo, di sela-sela pelaksanaan pelatihan.

Ia menjelaskan peringatan bencana Tsunami di Aceh dilakukan di berbagai daerah di Indonesia termasuk Bojonegoro karena Presiden RI Susilo Bambang Yudhono menetapkan hari Bencana Nasional pada 26 Desember.

“Bojonegoro memilih memperingati bencana Tsunami Aceh dengan menggelar pelatihan diklat dasar KSR, karena lebih tepat sebagai daerah yang biasa menjadi langganan banjir,” ujarnya,

Disamping menggelar pelatihan KSR, katanya, PMI juga akan menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi bencana dan mengantisipasi konflik sosial pada 30 Desember.

“Apel kesiapsiagaan menghadapi bencana akan diikuti sekitar 100 relawan KSR dari berbagai kecamatan,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan peserta pelatihan KSR tingkat dasar memperoleh materi, antara lain, pemetaan bencana, perkampungan darurat, perawatan keluarga, manajemen bencana, juga yang lainnya.

“Peserta diklat KSR ini juga akan mengikuti pelatihan lanjutan sebagai upaya meningkatkan kemampuan relawan yang tergabung dalam KSR,” katanya, menegaskan. (samcb)

Leave a Comment