Share

Pokdarwis Agro Jaya Bojonegoro Gelar Festival Belimbing

Bojonegoro, 31/10 (Media Center) – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Agro Jaya Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur,menetapkan menggelar Festival Belimbing dengan mengarak gunungan belimbing pada 11 November.

Ketua Pokdarwis Agro Jaya Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Priyo Sulistyo di Bojonegoro, Sabtu, menjelaskan, gunungan belimbing yang akan diarak sama dengan Festival Belimbing tahun lalu.

Pada tahun lau tinggi gunungan belimbing 5 meter. Begitu pula dalam Festival Belimbing tahun ini juga akan dibuat gunungan belimbing dengan tinggi 5 meter.

“Ada 104 petani belimbing yang terlibat. Petani minimal akan mengumpulkan 10 kilogram belimbing. Tapi biasanya praktinya ada yang membantu 30 kilogram, bahkan 50 kilogram,” ucapnya.

Menurut dia, Festival Belimbing yang kelima kalinya ini akan digelar di pintu masuk, setelah tahun-tahun sebelumnya di halaman belakang objek wisata kebun belimbing. Selain itu, juga digelar kegiatan jalan sehat, kontes belimbing dan kebersihan kebun belimbing.

“Kalau tahun lalu pemenang kontes belimbing beratnya 8 ons,” ucapnya.

Yang jelas, kata dia, kegiatan Festival Belimbing sebagai usaha meningkatkan jumlah pengunjung objek wisata buatan terbaik se-Jawa Timur itu.

Ia memperkirakan jumlah pengunjung objek wisata kebun belimbing setempat akan dikunjungi 150 ribu pengunjung, baik wisatawan domestik (wisdom) maupun wisatawan manca negara (wisman).

“Selama ini pengunjung kebun belimbing dari berbagai daerah di Jawa Timur, Jawa Tengah, juga Jawa Barat,” ujarnya.

Dari data yang ada menyebutkan luas kebun belimbing di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, mencapai 20,4 hektare dengan jumlah 9.000 pohon.

“Di Desa Mojo, tetangga desa kami juga memiliki kebun belimbing dengan luas yang hampir sama,” ucapnya. (*/mcb)

Leave a Comment