Share

Polres Bojonegoro Tertibkan Penambang Pasir Ilegal

Bojonegoro (Media Center) – Kepolisian Resor Bojonegoro (Polres) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengamankan penambang pasir ilegal di bantaran Sungai Bengawan Solo di Desa Semanding, Kecamatan Bojonegoro, Rabu (28/10).

“Kami akan terus melakukan penertiban penambangan mekanik di Bojonegoro,” tegas Kapolres Bojonegoro, AKPB Hendri Fiuser.

Pada saat penggerebekan, petugas mendapati beberapa orang melakukan aktivitas penambangan dengan menggunakan mesin penyedot pasir. Tanpa perlawanan, polisi mengamankan empat orang untuk dimintai keterangan dan barang bukti berupa satu diesel sedot, satu mesin blower, satu selang spiral, dan dua buah paralon 4 dim.

“Dari keterangan yang kami dapatkan, pemilik tambang sekaligus pelaku adalah warga Semanding,” tandas pria yang mendapatkan penghargaan Bupati Suyoto beberapa waktu lalu.

Pihaknya mengaku masih melakukan pengejaran terhadap pelaku yang diketahui berinisial PR (45). Pelaku terancam pasal 158 Undang-undang No 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan batuan (Minerba) dengan ancaman hukuman 10 tahun penjaran dan denda sebesar Rp10 miliar.(dwi/mcb)

Leave a Comment