Share

Potensi Air Waduk Gongseng Bojonegoro Dukung Waduk Pacal

Bojonegoro, 7/9 (Media Center) – Potensi air Waduk Gongseng di Kecamatan Temayang, Bojonegoro, Jawa Timur, yang baru dalam proses pembangunan akan mendukung potensi air Waduk Pacal, juga di Kecamatan Temayang, yang kemampuannya menurun.

Kasi Pemanfaatan Air Baku Irigasi Dinas PU Sumber Daya Air Bojonegoro Doddi Sigit Wijaya, di Bojonegoro, Jumat (7/9), menjelaskan potensi tampungan air Waduk Gongseng mencapai 22,42 juta meter kubik yang dijadwalkan selesai dibangun pada 2019.

Dengan demikian, lanjut dia, apabila ditambah potensi air Waduk Pacal yang sekarang hanya tinggal 23 juta meter kubik, maka daerah areal pertanian yang bisa memperoleh irigasi air dari dua waduk itu akan sama dengan awal Waduk Pacal dibangun.

Sesuai data Waduk Pacal yang selesai dibangun Belanda pada 1933 mampu menampung air sekitar 42 juta meter kubik, dengan daerah irigasi di sejumlah kecamatan, antara lain, Kecamatan Kapas, Sukosewu, Sumberrejo, Balen, bahkan juga Kecamatan Kepohbaru, Kanor dan Baureno.

“Kalau memang Waduk Gongseng selesai maka jaringan irigasi Waduk Pacal lama akan berfungsi kembali,” ucapnya menjelaskan.

Apalagi, lanjut dia, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo di Solo, Jawa Tengah, sekarang ini memperbaiki jaringan irigasi Waduk Pacal di sejumlah kecamatan yang dulunya merupakan jaringan irigasi Waduk Pacal.

Balai Besar Bengawan Solo di Solo, memperbaiki saluran induk Waduk Pacal sepanjang 148 kilometer di sejumlah kecamatan dengan alokasi anggaran sebesar Rp268,1 miliar dari APBN.

Kontraktor PT Brantas Abi Praya mulai mengerjakan perbaikan saluran induk Waduk Pacal pada 24 Agustus 2016.

Waduk Gonseng merupakan bendungan timbunan batu zona inti tegak,dengan daya tampung 22,43 juta meter kubik. Waduk yang memiliki luas genangan 433,19 hektare itu mampu mengairi areal pertanian seluas 6.191 hektare.

Selain itu, Waduk Gonseng juga berfungsi sebagai pengendali banjir sebesar 2 juta meter kubik dan penyedia air baku sekitar 300 liter/detik. (*/mcb)

Leave a Comment