Share

PPDB SMP Dibuka Mulai 4 Juli

Bojonegoro, 9/6 (Media Center)- Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP secara online dan offline di Kabupaten Bojonegoro akan dibuka mulai tanggal 4 sampai 7 Juli 2017 mendatang.

Dalam PPDB tahun ajaran 2017/2018 ini Dinas Pendidikan Bojonegoro menerapkan sistim zona sesuai amanat Peratutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 17 Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada TK, SD, SMP, SMA.

Sesuai petunjuk teknis (Juknis) ada 11 zona yang sudah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Bojonegoro. Zona 1 meliputi Kecamatan Margomulyo, Tambakrejo, dan Ngraho. Zona 2 Kecamatan Padangan, Purwosari, Kedewan, Kasiman. Zona 3 Kecamatan Kalitidu, Malo, dan Gayam.

Kemudian Zona 4 mencakup Kecamatan Ngambon dan Ngasem. Zona 5 Kecamatan Sekar dan Gondang. Zona 6 Kecamatan Bubulan, Temayang, dan Dander. Zona 7 Kecamatan Bojonegoro, dan Trucuk. Zona 8 Kecamatan Kapas, Balen, dan Sukosewu. Zona 9 Kecamatan Sugihwaras, dan Kedungadem. Zona 10 adalah Kecamatan Sumberrejo, dan Kanor. Zona 11 Kecamatan Baureno dan Kepohbaru.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan Bojonegoro, Puji Widodo menjelaskan dalam sistim zona ini siswa bisa memilih tiga pilihan. Yakni di luar zone dengan kuota 5 persen dari siswa yang diterima, dan 5 persen jalur prestasi akademik dan non akademik diperuntukan bagi siswa prestasi dari siswa yang diterima.

“Kalau pilihan dalam satu zone minimal 90 persen dari siswa yg diterima,” tegas Puji.

Untuk jalur siswa yang punya prestasi olahraga ditempatkan khusus di SMP Negeri 5 Bojonegoro. “Sementara jalur keterpaduan untuk SMP Negeri model terpadu,” ucapnya.

Sebelum pendaftaran dibuka, dalam waktu dekat Dinas Pendidikan akan mensosialisasikan juknis PPDB ini dengan memberikan berikan surat edaran sesuai zona agar ditempel di sekolah-sekolah.(dwi/mcb)

Leave a Comment