Share

PPID Award 2016, Bojonegoro Raih Penghargaan Sistim Layanan Informasi Terbaik

Bojonegoro, 14/12 (Media Center) – Kabupaten Bojonegoro kembali menuai prestasi di sektor keterbukaan informasi. Kali ini, Bojonegoro mendapat gelar terbaik dalam lomba Sistem Layananan Informasi  tingkat Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan itu diterima Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Bojonegoro, Kusnandaka Tjatur P di Surabaya.

“Penghargaan ini buah kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas. Semoga ini menjadi motivasi bagi aparatur pemerintah untuk lebih inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kusnandaka.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengatakan, di era saat ini, pemerintah ada dua tuntutan, yakni good goverment (pemerintahan yang baik) dan apen goverment (pemerintahan yang terbuka). Untuk itu, lanjut ia, pemerintah harus bertindak profesional, transparan dan mengikutsertakan masyarakat dalam pelayanan.

“Ini suatu kebutuhan yang harus kita realisasikan. Orang butuh segera dilayani dengan kepentingan macam-macam, tapi inilah amanat Undang-undang yang harus kita laksanakan,” tegas pria yang akrab disapa Gus Ipul ini.

Dalam ajang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) award 2016 tersebut, Bojonegoro meraih penghargaan dalam beberapa kategori sekaligus.

Dari lima kategori yang dilombakan, Bojonegoro meraih penghargaan Sistim Layanan Informasi terbaik kabupaten / kota Se Jatim Kategori A, bersama Kabupaten Blitar. Sedangkan kategori B diraih Kabupaten Banyuwangi, Pamekasan, Blitar, dan Kota Surabaya.

Kemudian di kategori website terinformatif kabupaten/kota Se Jawa Timur, Bojonegoro masuk nominator bersama Kabupaten Banyuwangi, dan Blitar. Sedangkan untuk Kategori website terinformatif SKP masuk nominator adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Saiful Anwar Malang.

Selain itu, Bojonegoro masuk dalam nominator kategori Meja Layanan Terbaik bersama Kabupaten Sampang dan Blitar.

Tidak hanya itu, di kategori kepatuhan melaporkan layanan informasi publik Bojonegoro juga masuk nominator bersama Kota Blitar dan Kabupaten Blitar. Kemudian kategori kepatuhan melaporkan layanan informasi publik Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bojonegoro mendapat nominator bersama KPU Jember dan Tulungagung.

Juga Bojonegoro menjadi nominator kategori apresiasi terhadap inisiatif penggerak keterbukaan informasi di pemerintahan desa bersama Kabupaten Trenggalek, Blitar dan Magetan.(dwi/mcb)

Leave a Comment