Share

Presiden dan Lima Menteri Akan Hadiri Festival HAM 2016 di Bojonegoro

Bojonegoro, 29/11 (Media Center) – Kabupaten Bojonegoro kembali akan menghelat sebuah gelaran yang sudah cukup lama dirumuskan, yakni Festival HAM (Hak Asasi Manusia). Rencananya, festival yang digelar mulai 30 November – 2 Desember 2016 ini akan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo.

Dalam festival yang mengambil tema melaksanakan nilai-nilai pancasila di tingkat lokal ini, rencananya juga akan di hadiri oleh banyak tamu penting baik dari dalam maupun luar negeri. Diantaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Menteri Pan RB Asman Abnur, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Tenaga kerja Hanif Dhakiri. Festival ini juga akan di hadiri oleh Pemkot Gwangju Korea Selatan dan NGO, Perwakilan Pemerintah Kota dari Swedia dan Walikota Barcelona.

Bekerjasama dengan Organisasi Internasional Non Pemerintahan, International NGO Forum on Indonesian Development (Infid), festival ini akan diikuti hingga 670 peserta.

Yolanda Simanjuntak, panitia penyelenggara dari Infid mengatakan, selain kedatangan tamu-tamu penting, nantinya festival ini akan diikuti dari PUS HAM se-Indonesia, 150 Kepala Daerah se Jawa Timur, NGO dan Kepala Kesbangpol. Dalam festival ini rencananya, selain kunjungan stan dari lima butir Pancasila, juga di lakukan pleno dan diskusi panel.

“Yang nantinya, peserta bebas untuk mengikuti diskusi tersebut. Selain diskusi, peserta festival juga akan melakukan field visit,” jelasnya.

Kunjungan akan dilakukan ke SMA Negeri 1 Bojonegoro, Gereja Bethany yang merupakan gereja yang telah bertahun-tahun di bangun dan akhirnya bisa diresmikan, Ponpes Al-Rosyid, Desa Pejambon sebagai pelopor keterbukaan Pemerintahan, Kecamatan Kalitidu yang memiliki gereja tua dan penduduk muslim dan nasrani yang tinggal secara rukun serta Desa budaya Jono Temayang.

“Festival ini merupakan bukti telah di laksanakannya sila pancasila di tingkat lokal Bojonegoro. Dan peserta dan seluruh masyarakat yang hadir bisa menjadi saksi akan terlaksananya festival ini,” pungkasnya.(mcb)

Foto : https://www.facebook.com/FestHAM2016/?fref=ts

Leave a Comment