Share

Produk Ekonomi Bojonegoro Ikut Meriahkan Pameran dan Konvensi IPA di Jakarta

Jakarta, Media Center – Sejumlah produk lokal Bojonegoro, Jawa Timur, di pamerkan dalam pameran dan konvensi Indonesian Petroleum Association (IPA) ke-43 di Jakarta Convention Centre (JCC), Kamis (6/9/2019).

Produk-produk lokal Bojonegoro tersebut merupakan hasil nyata program Pengembangan Masyarakat (PPM) yang diberikan oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) kepada masyarakat sekitar Lapangan Mnyak Banyu Urip, Blok Cepu.

“Bangga ya, produk lokal termasuk dari Kecamatan Gayam bisa mengikuti pameran IPA ini. Kedepan, kami akan tingkatkan lagi kualitas produk-produk tersebut,” kata Camat Gayam, Agus Hariana saat menghadiri pameran dan konvensi IPA.

Pemerintah Kecamatan Gayam, lanjut dia, mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) warga melalui program PPM yang diberikan EMCL.

“Semoga kedepan program pemberdayaan masyarakat dari EMCL bisa mensejahterakan masyarakat dan menumbuhkan rasa kemandirian tanpa menggantungkan industri migas,” pungkas Agus.

Selain memamerkan produk, para penerima program juga dihadirkan dalam pameran dan konvensi IPA. Tujuannya menambah wawasan dan menjalin jaringan untuk mengembangkan usahanya.

Mereka diantaranya Endang, warga Desa Gayam, Kecamatan Gayam. Tahun 2014 silam, Endang bergabung dengan program biogas dan sekarang mampu menerima pesanan makanan ringan hingga 2.500 kotak setiap bulannya.

Kemudian, Miftahul Huda, pelaku budidaya jamur tiram asal Desa Ngraho, Kecamatan Gayam. Sejak tahun 2017, Miftahul mengikuti pelatihan dari Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) gagasan EMCL. Di tahun ini, ia telah mampu menerima pesanan lebih dari 10.000 baglog jamur tiram dan menghasilkan sekitar 20 kg jamur tiram.

“Senang bisa ikut pameran ini. Selain bisa nambah wawasan, juga bisa mempromosikan usaha kita,” ujar Miftahul diamini Endang.

Pameran dan konvensi IPA ke 43 ini dibuka Menteri ESDM, Ignasius Jonan dan diikuti 20 ribu pelaku industri migas. Sejumlah kepala daerah penghasil migas di Indonesia, termasuk pengurus Asosiasi Daerah Penghasil Migas (ADPM), SKK Migas, Direktur Jendral Kementerian Keuangan, dan Kementerian ESDM hadir dalam kegiatan terssbut.(Rin/Dwi)

Leave a Comment