Share

Prof. Dr. Phil. Al-Makin Asal Bojonegoro Terpilih Jadi Rektor UIN Sunan Kalijaga

Bojonegoro, Media Center – Prof. Dr. Phil. Al-Makin terpilih menjadi rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta periode 2020-2024. Penetapan dan pelantikan dilakukan Menteri Agama RI Jumat (10/7/2020). Ia menggantikan Prof. Drs. Yudian Wahyudi MA, PhD yang telah berakhir masa jabatannya Mei lalu.

“Saya yakin dan percaya saudara dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan sebaik-baiknya,” kata Menag di Jakarta dikutip dari laman resmi UIN Sunan Kalijaga.

Prof Al-Makin merupakan putra terbaik asal Bojonegoro. Ia lahir tahun 1972. Pernah mengenyam pendidikan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs-N) dan nyantri di Ponpes Adnan Al-Haris Kendal Ngumpak Dalem Dander. Kemampuannya berbahasa arab dan inggris mengantarkannya menerima beasiswa CIDA scholarship untuk melanjutkan program magisternya di McGill University Canada bidang ilmu studi Keislaman lulus tahun 2001 dan dari kampus yang sama mendapat beasiswa CIDA untuk Postdoc di Departemen Antropologi.

Setelah itu, dengan kemampuannya dalam ilmu Filsafat Ia mendapat beasiswa DAAD (Deutsche Akademische Austauschdienst) untuk menempuh progam doktor di Heidelberg University Jerman pada fakultas Filosofi yang diselesaikannya pada tahun 2009. Ia lalu menjadi dosen di almamaternya sendiri.

Berbagai penghargaan juga Ia peroleh mulai menjadi dosen terbaik kategori publikasi dan penelitian internasional dari Kemenag tahun 2012, sampai tingkat internasional penghargaan Fellowship dari Ruhr Univercity Jerman pada tahun 2009-2010, Fellowship dari ARI (Asian Research Institute) National University of Singapore tahun 2011-2012, penghargaan dosen terbaik UIN Sunan Kalijaga tahun 2016 dan masih banyak penghargaan baik yang diraih tingkat nasional dan internasional.

Al Makin yang sebelumnya menjadi Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, mendapatkan puncak karir akademiknya yakni dikukuhkan sebagai Guru Besar Filsafat. (NN)

Leave a Comment