Share

Promosikan Wisata Bojonegoro, Komunitas Pajero Lakukan Reboisasi

Bojonegoro, 11/3 (Media Center) – Komunitas Pajero Indonesia Angling Dharma Chapter (ADC) menggelar aksi tanam pohon yang dilakukan di sekitar Waduk Pacal yang terletak di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Sabtu (11/3). Tak hanya untu melestarikan hutan, kegiatan ini juga bertujuan mempromosikan wisata di Kabupaten Bojonegoro.

Kegiatan sosial bertajuk “Pajero Indonesia ADC Peduli Lingkungan” ini melibatkan Perhutani KPH Bojonegoro, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), masyarakakat dan Pemerintah Desa (Pemdes) Kedungsumber, serta pelajar dari SMPN 1 dan 7 Bojonegoro, yang merupakan sekolah berpredikat Adiwiyata.

“Ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap kelestarian hutan di wilayah Bojonegoro, khususnya di sekitar Waduk Pacal,” kata Ketua Pajero Angling Dharma Chapter, Rudianto.

Ada 1500 bibit yang ditanam di sekitar waduk peninggalan kolonial Belanda, tepatnya di RPH Sugihan, BPKH Tretes. Rinciannya, 500 pohon trembesi, 500 pohon sirsat, dan 500 pohon jambu merah.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mempromosikan Waduk Pacal kepada masyarakat luas. Karena komunitas yang 40 orang ini selain dari Kabupaten Bojonegoro, juga dari Tuban, Lamongan, Kediri, Nganjuk, Surabaya, Jawa Timur, dan Blora, Jawa Tengah.

“Karena visi kami salah satunya adalah mengenalkan wisata di Indonesia, termasuk di Bojonegoro,” pungkasnya.

Kepala Desa Kedungsumber, Kardi. Menurutnya, dengan kegiatan penanaman pohon yang dilakukan Pajero Indonesia ADC ini dapat menginspirasi komunitas lainnya untuk melestarikan hutan dan mempromosikan potensi Bojonegoro.

“Mudah-mudahan ini akan menginisiasi pendirian agrowisata di sekitar Waduk Pacal. Kelak selain pengunjung bisa menikmati keindahan waduk, juga bisa memetik buah dengan cara menyeberang menggunakan perahu,” pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment