Share

Proyek Pipa Gas Gre-Sem On Stream 2018 Mendatang

Bojonegoro, 4/11 (Media Center) – Proyek pipa gas Gresik-Semarang sepanjang 267 Kilometer di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, hingga kini terus dikerjakan oleh PT Pertamina Gas (Pertagas) meski tidak ada lagi kendala pasca ditutup oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) beberapa waktu lalu akibat tidak adanya Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Semua proses izin sudah kami laksanakan, dan sekarang penanaman pipa terus dikerjakan,” kata Humas Pertagas, Herianda.

Menururtnya, proyek dengan nilai investasi sekitar USD 515,7 juta ini ditargetkan selesai pertengahan tahun 2018. Hanya ada membutuhkan pembebasan lahan yang harus segera diselesaikan.

“Tidak banyak kendala sebenarnya, hanya proses pembebasan lahan saja yang membutuhkan waktu,” imbuhnya.

Dari keseluruhan proyek, Herianda mengaku progres yang dicapai hampir 85 persen. Sehngga, diperkirakan akan on stream pada 2018.

Pipa transmisi gas Gresik-Semarang berdiameter 28 inchi dan mampu mengalirkan gas hingga sebesar 500 juta kaki kubik per hari (million metric standar cubic feet per day/MMscfd).

Jaringan pipa Gresik-Semarang juga dilengkapi 19 future connection, sehingga bisa menyalurkan gas bagi industri di tujuh kabupaten atau kota di sepanjang Jawa Tengah dan Jawa Timur yang terlewati pipa.

“Kalau untuk jaringan gas rumah tangga, sebenarnya domain ada di Perusahaan Gas Negara atau PGN, tapi kita tetap bisa bantu sebenarnya,” pungkasnya.(*dwi/mcb)

Leave a Comment