Share

Puluhan Difabel Bojonegoro Ikuti Workshop IT

Bojonegoro, 13/12 (Media Center) – Tiga puluh lima orang penyandang disabilitas dari berbagai daerah di Bojonegoro, ikuti workshop pemanfaatan teknologi informasi yang diselenggarakan Dinas Kominfo (13/12/18) di Sekretariat Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Bojonegoro (PDKB) Desa Lengkong Kecamatan Balen, Bojonegoro, Jatim.

Workshop dimaksudkan untuk memberikan ketrampilan menggunakan andorid untuk kegiatan promosi dari produk yang dihasilkan para penyandang disabilitas.

Penyandang disabilitas yang mengikuti workshop terdiri dari penyandang tuna rungu, 5 orang, tuna netra, 2 orang dan selebihnya tuna daksa. “Rata rata mereka memiliki android , sehingga workshop ini sangat bermanfaat bagi teman- teman disabilitas” kata Ketua PDKB, Sanawi.

Dikatakan, Sanawi, penyandang disabilitas di Bojonegoro sejumlah tujuh ratus lebih dan rata-rata memiliki usaha, khususnya produk jahitan. Sedangkan yang mengikuti workshop ini selain memiliki usaha jahit, ada peternak burung, usaha warung kopi, pembuat cindera mata bahkan warung makan minum bahkan ada yang usaha fotografer walaupun penyandang tuna rungu.

“Wah materinya berguna sekali, saya baru tahu ternyata foto foto yang kita unggah di medsos saya masih kurang bagus” kata Sugianto, penyandang tuna daksa dari Desa Trojalu Kecm Baureno.

Dalam kesempatan itu, Kadin Kominfo Bojonegoro, Kusnandaka Tjatur Prasetya, menyampaikan, saat ini perkembangan teknologi sangat dahsyat, kalau kita tidak menyesuaikan perkembangan, pasti akan tergerus jaman. “Tuhan memberikan kita kekurangan tapi pasti juga memberikan kelebihan” kata Kusnandaka.

Peserta memperoleh materi fotografi produk dari Komunitas Fotografi Indonesia, Kawan Giri, materi ngevlog/video pendek dari Komunitas Blogger Indonesia, Didik Jatmiko, dan Praktisi TI Moch Rifai dari Dinas Kominfo Bojonegoro.(*jk/mcb)

Leave a Comment