Share

Puluhan Sopir Bojonegoro Ikuti Cek Kesehatan

Bojonegoro, 6/6 (Media Center) – Persiapan menjelang Lebaran 2018 dilakukan berbagai pihak demi kelancaran arus mudik dan balik. Hal ini dilakukan pula oleh tim gabungan Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, serta dari pihak Kepolisian Sat Lantas Polres Bojonegoro dengan melakukan pemeriksaan kesehatan sopir bus angkutan kota (angkot) di Terminal Rajekwesi, Bojonegoro, Selasa (5/6).

Dokter dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro yang melakukan pemeriksaan, Kun Sucahyono menyampaikan, pemeriksaan kesehatan sopir bus angkutan menjelang mudik Lebaran dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan para sopir.

“Cek kesehatan sopir angkutan jelang arus mudik ini, intinya untuk mengetahui kondisi para sopir, dan memastikan ketika mengemudi harus dalam keadaan sehat, supaya penumpang selamat,” ujar Kun Sucahyono, Selasa (5/6).

Kun Sucahyono menuturkan, pemeriksaan kadar gula darah untuk mengetahui, apakah sopir menderita kencing manis. Jika benar, berarti cenderung mengantuk dan berpotensi membahayakan nyawa penumpang.

“Jika dari hasil pemeriksaan kesehatan sopir tidak terindikasi penyakit gula darah, yang bersangkutan diperbolehkan meneruskan perjalanan. Akan tetapi jika hasil pemeriksaan menyatakan tidak layak serta terdapat unsur kadar gula darah tinggi, sopir itu diwajibakan untuk istirahat terlebih dahulu dan mendapat pengarahan dari Dinkes dan Dishub.

Dari hasil pemeriksaan ini, diketahui kondisi sopir yang beroperasi di Terminal Bojonegoro Kota dalam kondisi 99 persen baik dan bisa melanjutkan perjalanan.(*mcb)

Leave a Comment