Share

PWI Jatim Target Tuntaskan UKW di 2017

Bojonegoro (Media Center) – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur (Jatim), Akhmad Munir meminta wartawan di Jatim harus profesional. Hal ini disampaikannya saat membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XIV di Surabaya, Sabtu (12/12).

“Wartawan yang sudah lulus uji kompetensi harus memiliki tanggung jawab mewujudkan wartawan yang profesional, ” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya menargetkan menuntaskan UKW pada 2017 mendatang. Sementara UKW kali ini diikuti 70 wartawan dari seluruh Jawa Timur. Dua wartawan Bojonegoro yang ikut yaitu Toni ade Irawan dari Radar Bojonegoro dan Reno Pareno dari memorandum

“Oleh karena itu saya berpesan kepada teman-teman wartawan yang sudah lulus uji kompetensi wartawan harus bekerja lebih profesional, ” katanya, menegaskan.

Dengan demikian, lanjut dia, wartawan tidak hanya sekedar memiliki sertifikat dan kartu pers. Sebab, cap seorang wartawan tidak hanya sekedar memiliki sertifikat dan kartu pers, tetapi bisa bekerja secara profesional.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa PWI akan memfasilitasi wartawan di Jawa Timur, untuk bisa mengikuti uji kompetensi wartawan, agar bisa benar-benar menjadi wartawan yang profesional.

Meskipun, menurut dia, masalah profesional wartawan menjadi tanggung jawab perusahan pers.

”Kami gelisah kalau melihat ada wartawan di Jatim yang tidak profesional, ” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Bidang Komisi Pendidikan PWI Pusat, Hendro Basuki, mwnambahkan bahwa uji kompetensi yang dilaksanakan ini hanya semacam mengecek kemampuan wartawan dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Ia menyebutkan, sebagain besar wartawan di Jawa Timur telah mengikuti sertifikasi.

“Saat ini sudah sekitar 80 persen (sekitar 700 wartawan) di Jawa Timur, yang sudah menjalani sertifikasi, ” tambah Munir.(sa/*mcb)

Leave a Comment