Share

Ragam Layanan di Pekan Pelayanan Publik Bojonegoro

Pekan Pelayanan Publik di Kecamatan Bubulan adalah pekan ketiga, setelah sebelumnya digelar kegiatan serupa di Kecamatan Gayam dan Tambakrejo. “Ini seperti kantor pemerintahan di kota pindah ke desa-desa,” kata Warijo, petani yang memanfaatkan kegiatan tersebut untuk mengurus perpanjangan STNK

Bojonegoro (Media Center) – Sejak pagi hari (13/5/2014) ratusan pelajar yang ada di sekitar Desa Cancung, Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur telah memenuhi halaman SDN Cancung I Bubulan. Mereka sengaja datang untuk menjadikan arena Pekan Pelayanan Publik sebagai bagian dari pembelajaran.

lele bojonegoro
Lele raksasa di stand Disnakkan Bojonegoro

“Sengaja anak-anak kami kirim agar tahu dan dapat belajar, mereka kami beri tugas sekolah yang berkaitan dengan kegiatan ini,” terang Agus, salah satu tenga pengajar di wilayah tersebut.

Pekan Pelayanan Publik yang digelar selama dua hari di wilayah Kecamatan Bubulan ini, diikuti oleh hampir seluruh SKPD di lingkupPemerintah Kabupaten Bojonegoro yang mempunyai Tupoksi Pelayanan Publik.

Seperti di stand Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro, yang melayani pengobatan dan konsultasi mengenai hewan ternak dan perikanan. Di stand tersebut, selain melayani masayarakat, juga dipamerkan dua eko ikan lele raksasa berukuran sekitar 1 meter, ikan lele berukuran tak lazim tersebut langsung menarik minat pelajar yang hadir.

Sementara itu, Dinas Pertanian Bojonegoro menghadirkan aneka agen hayati dan tekhnologi pertanian. Sejumlah warga yang tertarik dengan tampilan dari Dinas Pertanian tersebut tak mau melewatkan kesempatan langka yang ada. Mulai dari konsultasi, melihat langsung pengolahan komoditas pertanian menjadi barang jadi, hingga membeli aneka bibit tanaman yang disediakan dengan harga miring.

buku asli bojonegoro
Stand perpustakaan

Stand lain yang tak kalah menarik minta pelajar adalah dari Kantor Arsip dan Perpustakaan, sebanyak dua unit mobil perpustakaan keliling merubah stand tersebut menjadi arena baca bagi pelajar dan warga setempat.

Tepat disebelahnya, tampak antrian pelajar dan warga mengular, adalah stand dari Dinas Kesehatan Bojonegoro dengan suguhan utama berupa pelayanan cek kesehatan gratis. Selian melayani cek kesehatan gratis, stand tersebut juga menyediakan suvenir bagi pelajar yang berkunjung.

kesehatan bojonegoro
Cek kesehatan gratis di stand Dinkes Bojonegoro

Salah satu stand yang juga cukup banyak menyedot perhatian pengunjung adalah layanan Kartu Keluarga dan KTP, yakni dari Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil. Warga tampak telah mempersiapkan sejumlah dokumen sebagai persyaratan agar dapat menikmati layanan tersebut.

wifi bojonegoro
Layanan informasi, Internet dan pelatihan gratis di Stand Kominfo Bojonegoro

Sementara itu, dari Dinas Komunikasi dan Informatika Bojonegoro, menyajikan stand permohonan informasi. Segala kebutuhan informasi yang dibutuhkan masyarakat dapat dilakukan ditempat tersebut, selain itu sebagai daya tarik tersendiri Dinkominfo Bojonegoro juga menyediakan 5 (lima) unit komputer yang telah terkoneksi dengan internet.

ktp bojonegoro
Pembuatan KTP dan KK di stand Dispendukcapil Bojonegoro

Di stand tersebut, warga dan pelajar dapat belajar dan menggunakan fasilitas internet yang disediakan secara gratis tersebut untuk kebutuhan informasi mereka.

Pekan Pelayanan Publik di Kecamatan Bubulan adalah pekan ketiga, setelah sebelumnya digelar kegiatan serupa di Kecamatan Gayam dan Tambakrejo. “Ini seperti kantor pemerintahan di kota pindah ke desa-desa,” kata Warijo, petani yang memanfaatkan kegiatan tersebut untuk mengurus perpanjangan STNK. (*/mcb)

Leave a Comment