Share

Raja dan Ratu se-Nusantara Layani Pemilih di Mojokampung Bojonegoro

Untuk menarik masyarakat agar mau datang ke TPS, PPS menghiasi TPS dengan berbagai ornamen seperti ukiran dan tanaman hias. Tak hanya itu, para PPS juga berdandan ala raja dan ratu dalam cerita pewayangan,

Bojonegoro (Media Center) – Berbagai hal dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk meningkatkan angka partispasi di Pemilihan Umum Presiden (Pilpres). Seperti yang dilakukan oleh PPS di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04, Kelurahan Mojokampung, Kecamatan Bojonegoro, Jawa Timur.

Untuk menarik masyarakat agar mau datang ke TPS, PPS menghiasi TPS dengan berbagai ornamen seperti ukiran dan tanaman hias. Tak hanya itu, para PPS juga berdandan ala raja dan ratu dalam cerita pewayangan, lengkap dengan mahkota dan diiringi cerita pewayangan yang diputar selama pemungutan suara berlangsung.

Suyanto, Ketua PPS di TPS 04 Mojokampung, mengaku TPS 04 ini selalu membuat TPS tematik sejak 15 tahun lalu setiappenyelenggaraan Pemilu. Tak hanya pada pilpres seperti saat ini, namun pada Pemilu Legislatif (pileg) lalu, TPS ini juga menyajikan TPS Dracula yang siap menghisap suara rakyat.

“Sudah tiga periode kita buat TPS tematik seperti ini,” ungkapnya. Ia juga mengaku, pemilihan tema ini adalah hasil rundingan antara seluruh PPS dan menggunakan biaya swadaya.

Hasilnya, angka golput di TPS 04 ini termasuk minim, Suyanto menyebutkan, target pada pilpres kali ini adalah angka golput di TPS 04 kurang dari 15%. “15% ini karena memang karena warga ada di luar kota karena kuliah atau kerja, juga karena sakit dan bepergian,” tutupnya. (**mcb)

Leave a Comment