Share

Ratusan Warga Bojonegoro Rebutan 1,2 ton Belimbing

Bojonegoro, 11/11 (Media Center) – Gunungan belimbing setinggi 6 meter dengan berat 1,2 ton diperebutkan pada festival belimbing ke 4 Tahun 2017 yang digelar oleh Warga Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu. Desa Ngringinrejo merupakan agrowisata belimbing di wilayah Bojonegoro.

Selain Gunungan besar juga ada tiga gunungan kecil yang diarak mulai dari pintu parkir dua sebelah barat lokasi agrowisata Belimbing menuju lokasi festival atau di rest area pintu parkir satu.

Dalam arak arakkan ini juga ada aneka polowijo hasil pertanian dan tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT karena sudah memberi sumber daya alam yang sangat luar biasa untuk petani dan masyarakat Ngringinrejo.

Setelah di arak gunungan raksasa berisi belimbinga diperebutkan oleh seluruh warga yang hadir menyaksikan festival ini yang sebelumnya diawali dengan ritual belimbing oleh sesepuh desa mbah Zaenuri. Selanjutnya janur kuning yang sudah di doakan akan dililitkan di pohon yang dijadikan pohon induk oleh seluruh petani.

Festival belimbing tahunan ini dihadiri oleh Bupati Bojonegoro, Suyoto bersama istri, Mahfudhoh Suyoto dan tamu undangan lain yang akan turut menyaksikan festival belimbing ini.

Pak Cip petani Belimbing Desa Ngringinrejo menyambut baik adanya festival ini karena agrowsata belimbing semakin dikenal oleh orang orang luar Bojonegoro.

Dia mengungkapkan Tanam pertama mulai 1985 dalam satu tahun mampu menghasilkan minimal 80 kilogram dengan harga kisaran 7000 sampai 15.000 rupiah. Dia berharap dengan adanya belimbing ini dari segi pendapatan meningkat dan dari kualitas lain belimbing mampu berkualitas.

Pak Cip menuturkan bahwa sebenernya ada pihak luar yang tertarik dengan produksi belimbing Ngringinrejo. Salah satunya Puspa Agro Sidoarjo dan dunia buah yang satu minggu meminta stok 4 ton buah belimbing. Namun karena pertimbangan untuk menjaga ketersediaan buah belimbing di pasar lokal, tawaran tersebut belum diterima petani belimbing.

Dalam festival ini rombongan Bupati disambut oleh seluruh warga kemudian mengikuti prosesi arak arakkan yang dimulai dari balai desa menuju lokasi festival.
Festival ini mengambil tema tumbuh berkembang maju bersama membangun desa menjadi tema festival belimbing ke 4 tahun 2017.

Kepala Desa Ngringinrejo, Imam Syafi’i menjelaskan, festival belimbing keempat ini dikemas berbeda. Tahun ini ada tanaman jambu air dan jambu merah yang kini mulai banyak ditanam di dusun .

“Sekalian kita mempromosikannya. Karena banyak masyarakat yang membudidaya jambu air dan jambu merah,” ungkapnya.

Festival ini didukung pula oleh pihak pihak ketiga. Bupati Bojonegoro, Suyoto mengaku senang karena agrowisata ini terua berkembang. Selain ada belimbing, sekarang ada jambu kristal, jambu dan jambu air.

“Ini membuktikan tanah di sini subur,” tegasnya.

Bupati menuturkan bahwa awal awal dahulu bagaimana banyak orang orang terkenal yang datang dari Jakarta ke agrowisata ini. Kini ringinrejo menjelma menjadi daerah.

“Ayo terus bersatu dan menurunkan egonya dan melampaui batas maksimalnaya agar bisa semakin produktif. Terusbelajar dan senantiasa rukun, kita harus senantiasa bersatu,” pesan bupati yang akrab disapa Kang Yoto.(*dwi/mcb)

Leave a Comment