Share

Reboisasi Mangrove di Bantaran Sungai Bojonegoro

Bojonegoro, 4/8 (Media Center) – Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Green Star bersama Pokdarwis dan Pemerintah Desa (pemdes) Semawot, Kecamatan Sukosewo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur saat ini tengah mengembangkan wisata mangrove di bantaran Kali Pacal. Ekosistem mangrove yang biasanya hanya ditemui di pinggiran pantai, bisa ditanam di tepian sungai air tawar. Untuk menyukseskan penananman ini, Green Star Nusantara selaku pengelola menggandeng Mangrove Center, Tuban.

“Mangrove Center memberikan dukungan dengan membantu bibit 1.000 pohon mangrove yang akan ditanam di sepanjang sungai di Desa Semawot,” kata Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Green Star Nusantara Bojonegoro Samsul Arifin, Sabtu (4/8).

Menurut dia, Mangrove Center bersedia memberikan dukungan penanaman pohon mangrove, karena sebelumnya sudah dilakukan uji coba penanaman pohon mangrove di sepanjang sungai di Desa Semawot dengan jumlah 300 pohon mangrove yang saat ini berumur tiga bulan.

Samsul mengatakan, penanaman 1000 pohon mangrove dengan jenis Rizhophorus atau bakau akan digelar pada Selasa (7/8) mendatang. Selanjutnya, pengelola menargetkan akan menanam hingga satu juta pohon untuk menghijaukan bantaran sungai termasuk Bengawan Solo.

“Setelah ini penanaman pohon mangrove akan kami fokuskan di DAS Bengawan Solo, selain untuk menjaga lingkungan juga mencegah longsor,” katanya menegaskan.(*mcb)

Leave a Comment