Share

Refleksikan Perjuangan Pahlawan Sebagai Semangat Membangun Bojonegoro

Bojonegoro, Media Center – Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November menjadi memomentum penting untuk merefleksikan kembali perjuangan merebut Kemerdekaan Indonesia. Pemkab Bojonegoro memperingatinya dengan upacara bendera, dan mengheningkan cipta selama 60 detik di alun-alun setempat, Minggu (10/11/2019). .

Upacara diikuti organisasi perangkat daerah (OPD), forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), veteran, dan pelajar. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah.

Dalam amanatnya, Bupati Anna Muawanah menyampaikan agar mengaplikasikan sikap dan jiwa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Selain itu, Bu Anna, juga mengingatkan kembali sebuah pesan dari Bung Karno.

“Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar,” ujarnya.

Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019, mengusung tema “Aku Pahlawan Masa Kini”. Bupati berpesan agar semangat perjuangan pahlawan dahulu harus ditiru, dan diteladani dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang dengan tekun.

“Agar memberikan kemaslahatan kepada orang lain, membesarkan nama bangsa dan negara,” pesannya.

Usai pelaksanaan upacara bendera, seluruh Kepala OPD, Forkopimda beserta Veteran Bojonegoro melaksanakan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan. Upacara Tabur Bunga dipimpin oleh Ketua DPRD Bojonegoro, M. Sholikin.

Selanjutnya, seluruh rombongan menuju Rumah Dinas Bupati Bojonegoro, sejenak merefleksi perjuangan pahlawan. Di akhir acara, Pemkab Bojonegoro menyerahkan bingkisan dan sembako kepada Veteran yang hadir.(Dwi)

Leave a Comment