Share

Rekor MURI, 100.000 Peserta Senam Anti Korupsi di Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Sebagai bentuk penolakan terhadap tindak korupsi, Ribuan pelajar Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengikuti senam anti korupsi. Uniknya, gerakan senam anti korupsi ini dicatat di Musiem Rekor Indonesia (MURI) sebagai senam dengan peserta terbanyak di Indonesia. Pemecahan Rekor MURI ini dilaksanakan serentak di TK dan SD di Bojonegoro yang salah satunya dipusatkan di Stadion Letjend Sudirman Bojonegoro, Jumat (20/11).

Ketua penyelenggara, Sukarni menyampaikan bahwa pemecahan rekor MURI ini adalah dalam rangka menyadarkan tentang pentingnya hidup bersih dan jujur. Generasi dini yakni anak-anak TK dan SD ini diharapkan akan meningkatkan kesadaran anak-anak kita tentang budaya anti korupsi.

“Senam ini ciptakan anak-anak dan guru di Bojonegoro dengan perpaduan kebudayaan khas Bojonegoro,” jelas Sukarni.

Esensi senam ini antara lain mengajari generasi muda Bojonegoro untuk tidak melakukan hal yang mengarah pada hal korupsi, mulai diri sendiri. Salah satu hal sederhana adalah dengan tidak mencontek serta rajin membantu orang tua.

“Dan masih banyak nilai moral lainnya dalam lagu senam anti korupsi ini,” lanjutnya.

Ditambahkan, peserta senam anti korupsi di Bojonegoro mencapai 100.000 peserta dengan rincian 4.500 peserta yang melakukan senam di Stadion Bojonegoro. Sedangkan sisanya tersebar diseluruh wilayah Bojonegoro mulai jenjang TK dan SD.

Sementara itu, Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono saat mengawali sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada perwakilan KPK yang telah turut hadir di kesempatan ini. Pesan khusus yang disampaikan oleh Wakil Bupati dalam kesempatan ini yang pertama adalah mengajak anak didik untuk bersikap, berbuat  dan berlaku jujur.

“Korupsi membuat rakyat menderita, hasil korupsi tidak membawa berkah dan hasil korupsi tidak membuat hidup kita nyaman dan terasa dikejar-kejar oleh dosa yang kita perbuat,” pesan Wabup.

Pemecahan rekor MURI senam anti korupsi ini ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan dari Rekor MURI Indonesia. Hal ini dilanjutkan dengan penyerahan piagam dari MURI kepada Wakil Bupati Bojonegoro, Dinas Pendidikan dan Panitia penyelenggara senam anti korupsi.(*mcb)

Berikut 11 Pesan dalam lagu senam Anti Korupsi

1. Ajari aku untuk tidak korupsi sejak dini.
2. Jauhi korupsi mulai diri sendiri.
3. Jauhi korupsi dimanapun kita berada.
4. Korupsi sangat tidak baik.
5. Jujurlah meski tidak ada yg melihat
6. Tidak mncotek saat ulangan.
7. Suka dan rajin bantu orang tua.
8. Tidak iri terhadap org lain.
9. Jaga kebersihan lingkungan kita .
10. Tidak mengambil yang bukan milik kita.
11. Buatlah bangga ibu pertiwi dengan mmbuat indonesia bebas dari korupsi.

Leave a Comment