Share

Relokasi PKL Untuk Pembinaan dan Penataan Sesuai Visi dan Misi Pemkab

Bojonegoro, Media Center – Sebanyak 54 Pedagang Kaki Lima (PKL) dilakukan relokasi secara permanen di zona yang nyaman untuk berjualan di Galeri UMKM Jalan Pattimura, Bojonegoro.

Kepala Dinas Perdagangan, Sukemi, mengatakan, relokasi tersebut salah satu visi dan misi Pemkab Bojonegoro dalam melakukan pembinaan dan penataan PKL.

Dia mengatakan, tujuan dilakukannya relokasi diantantaranya agar PKL tenang, nyaman berjualan pada lokasi yang ditentukan, sebagai wujud perhatian pemerintah untuk tidak menggusur namun relokasi PKL.

Selain itu, pelaku usaha atau PKL terdaftar secara resmi pada Dinas Perdagangan sehingga diberikan TDU PKL dan KPP sebagai salah satu syarat tambahan modal usaha bunga lunak di PD BPR.

Dia mengungkapkan, dengan dilakukannya relokasi tersebut, PKL tidak lagi melanggar ketertiban umum menempati fasilitas umum trotoar bahu jalan sehingga fasum bermanfaat sesuai fungsinya.

Dia mengatakan, dilokasi relokasi dilengkapi PJU, lustrik, AIR PDAM, pinjam pakai tenda secara seragam BANK JATIM dan tidak bongkar pasang seperti jualan semula serta ada daya tarik pengunjung melalui hiburan demi kelangsungan jualan.

Pihaknya memastikan, tempat semula yg ditinggalkan PKL tidak di tempati PKL baru, disterilkan dengan pengawasan tim oleh Satpol PP dan Dishub,

Untuk mengenalkan masyarakat, pihaknya mempublikasikan secara rutin sekaligus sebagai ajang promosi. Selain itu, dilengkapi bak sampah untuk menjaga kebersihan dari DLH.

“Sementara untuk menyediakan menu yang sehat di berikan pembinaan dari Dinkes,” tukasnya.

Selanjutnya, akan dilakukan pembinaan dan penataan lagi pada lokasi PKL lain agar srmua tertib, indah, aman, nyaman dan terkendali.(Dwi)

Leave a Comment