Share

Ribuan Warga Bojonegoro Kerja Bakti di Margomulyo

dalam kegiatan tersebut juga akan dilaksanakan pameran produk unggulan industri rumah tangga oleh Paguyupan UPK Bojonegoro. Para rombongan rencananya akan disambut dengan tari kolosal Gotong Royong

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur bakal mencanangkan Hari Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke 11 yang dipusatkan di Lapangan Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Rabu (14/5/2014). Bersamaan dengan itu juga akan dilaksanakan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 42 dan sekaligus launching Buku Inovasi Administrasi PKK Kabupaten.

Rencananya kegiatan tahunan itu akan dibuka Bupati Bojonegoro, Suyoto dan dihadiri Wakil Bupati Setyo Hartono, Ketua dan Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten serta Forum Pimpinan Daerah (Forpimda). “Ada sekitar 2000 undangan yang hadir dalam kegiatan itu,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Ali Mahmudi dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Ketahanan Masyarakat Desa, Imam Cahyono di ruang kerjanya, Senin (14/5/2014).

Ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan bupati, wakil bupati dan rombongan bersama masyarakat. Yakni kerja bakti memasang paving di jalan Dusun Kalirejo, Jatiroto, dan Kalangan, Desa Maargomulyo, sepanjang 3 kilo meter (Km).

Selain itu dalam kegiatan tersebut juga akan diserhakan sejumlah bantuan secara simbolis. Diantaranya 10 ribu bibit kelapa, bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk 307 lembaga masing-masing senilai Rp7.200.000, gugus PAUD untuk 17 lembaga masing-masing Rp8 juta, penguatan kelembagaan PAUD untuk 3 lembaga masing-masing Rp25 juta, dan bantuan organisasi mitra PAUD senilai Rp20 juta.

Kemudian, bantuan alat dan bahan keterampilan untuk pelatihan menjahit, membatik, sablon, mengemudi, tata rias sebanyak 20 paket yang diperuntukan bagi 20 orang. Juga, bantuan penyebaran rumput unggul dan leguminosa sejumlah 24 ribu stek dan 1 Kg untuk Kelompok Ternak Panggih Raharjo, Desa Margomulyo.

Selain itu, bantuan budi daya ikan di kolam terpal sebanyak 6 unit kolam, 1800 benih ikan patin, 6 buah obat-obatan dan 1 unit Pompa air.

“Bantuan itu secara simbolis akan serahkan Bapak Bupati Suyoto dan Wakil Bupati, Setyo Hartono didampingi Bapak-bapak Forpimda,” kata Imam.

Rencananya dalam kesempatan itu juga akan dilakukan peresmian Rumah Cerdas Masyarakat di Desa Margomulyo oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Mahfudhoh Suyoto. Rumah Cerdas Masyarakat ini merupakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) yang diintergrasikan dengan PAUD.

Disamping itu, dalam kegiatan tersebut juga akan dilaksanakan pameran produk unggulan industri rumah tangga oleh Paguyupan UPK Bojonegoro. Para rombongan rencananya akan disambut dengan tari kolosal Gotong Royong yang melibatkan 100 siswa SMP Margomulyo dan Sesepuh Masyarakat Samin, Mbah Harjo Kardi dan anggotanya yang berpakaian adat Samin.

Imam menerangkan, salah satu tujuan dari BBGRM ini adalah untuk menumbuhkan kembali budaya kegotong-royongan di tengaah-tengah masyarakat yang sudah mulai luntur. Diharapkan, melalui pencanangan BBGRM ini ditindaklanjuti oleh semua desa di Bojonegoro bersama masyarakat melakukan kerja bakti.

“Alasan kita memilih lokasi di Margomulyo ini untuk sekaligus memperkuat nama Kerajian Akar Jati Margomulyo dan budaya Samin yang dikenal dengan kejujuran dan kesederhanaannya. Selain itu agar budaya gotong royong merambah ke kabupaten tetangga seperti Ngawi dan Blora,” pungkas Imam. (*/numcb)

Leave a Comment