Share

Ribuan Wisatawan Saksikan Festival Belimbing

 

Bojonegoro, 11/11 (Media Center) – Sekira 2000 wisatawan memadati objek wisata Kebun Belimbing di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro. Ribuan wisatawan dari Bojonegoro maupun dari luar kota ini turut menyaksikan Festival Belimbing, Minggu (11/11).

“Pengunjung Festival Belimbing terus meningkat dibandingkan Festival Belimbing tahun lalu. Kalau bulan Oktober objek wisat kebun belimbing dikunjungi 12.875 pengunjung dari berbagai daerah,” ucap Ketua Pokdarwis Agro Jaya Priyo Sulistyo.

Salah satu yang menarik dalam festival ini adalah adanya gunungan belimbing seberat 1.5 ton yang disusun menggunung. Belimbing ini merupakan hasil panen dari para petani belimbing di desa setempat.

“Belimbing yang dimanfaatkan untuk membuat gunungan belimbing dengan berat sekitar 1,5 ton setinggi 5 meter merupakan belimbing yang dikumpulkan dari petani belimbing. Kami mempersiapkan untuk membuat gunungan belimbing selama empat hari,” katanya.

Ia menyebutkan, saat ini merupakan puncak masa panen bagi petani belimbing di Ngringinrejo. Saat musim panen seperti ini, harga belimbing lrbih murah.

“Sekarang puncak panen belimbing dengan harga berkisar Rp5.000-Rp10.000 per kilogram, turun dibandingkan sebelumnya,” katanya.

Festival Belimbing yang kelima kalinya itu juga dihadiri Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Bojonegoro Yayan Rochman, Kepala Dinas Kominfo Kusnandaka Tjatur, juga jajaran pemkab lainnya.

Prosesi Festival Belimbing diawali dari balai desa, yang diikuti seratusan petani belimbing dengan membawa tumpeng makanan, juga buah-buahan menuju lokasi acara, sebelum akhirnya gunungan belimbing menjadi rebutan pengunjung.

Dalam kegiatan Festival Belimbing itu, juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya, mulai jalan sehat yang diikuti warga petani belimbing, kontes belimbing, kerapian lapak dan kebersihan kebun belimbing.

“Di kawasan objek wisata kebun belimbing juga di luar ada puluhan pedagang belimbing, selain pengunjung bisa langsung memetik di kebun,” ucapnya.(*/mcb)

Leave a Comment