Share

Rika Amelia Juarai Dangdut Singer of Waria

juara Dangdut Singer of Waria disabet oleh Rika Amelia asal Kecamatan Baureno, Bojonegoro. Waria berusia 25 tahun ini mengawali karirnya sejak bangku Sekolah Mennegah Atas (SMA) dan mulai menyanyi dari panggung sekolah.

Bojonegoro (Media Center) – Final Festival Dangdut Singer of Waria yang digelar di Taman rekreasi dan kolam renang Sariyo, Kecamatan Padangan, Bojonegoro pada Minggu (30/3/2014) kemarin. Lomba yang sudah dilaksaakan sejak Sabtu (20/3/2014) kemarin merupakan babak penyisihan yang diikuti 20 peserta.

Lima finalis yang lolos di babak penyisihan ini tampil kembali di babak final. Mereka adalah lima finalis terbaik baik dari segi oleh vokal, penampilan hingga kostum. Peserta yang lolos di babak final ini rata-rata berusia 20 tahunan dan setelah mendapat masukan dari juri, mereka bisa memperbaiki penampilan mereka saat di babak final.

Menurut salah satu dewan juri, Fayakun menyatakan bahwa saat menjadi juri, ia tak melihat bahwa para peserta adalah waria. Hal ini lantaran para peserta ini berdandan dan tampil sangat cantik di atas panggung.

“Saya tidak melihat mereka waria karena mereka terlihat seperti wanita yang tampil cantik dan anggun. Vocal merekapun cukup bagus persis suara wanita,” ujarnya usai memberi komentar pada salah satu finalis.

Sementara itu, juara Dangdut Singer of Waria disabet oleh Rika Amelia asal Kecamatan Baureno, Bojonegoro. Waria berusia 25 tahun ini mengawali karirnya sejak bangku Sekolah Mennegah Atas (SMA) dan mulai menyanyi dari panggung sekolah.

Ia mengaku tidak belajar khusus olah vocal dan belajar menyanyi secara otodidak. “Ya dulu belajarnya nyanyi langsung waktu di SMA. Tiap ada acara selalu ikut nyumbang suara,” ujar pemilik salon Rika di Desa Gunungsari, Baureno ini.

Piala dan hadiah yang dia peroleh saat ini akan dipersembahkan untuk keluarganya di rumah. Rika telah beberapa kali mengikuti lomba menyanyi di Tuban dan Lamongan, namun baru menyabet juara 2 dan 3.

Ia memiliki obsesinya agar bisa menempatkan waria sebagai bagian dari masyarakat. Memiliki kedudukan dan hak yang sama dengan warga yang lain.

“Saya ingin acara seperti ini terus digelar, agar masyarakat tau kalau kita juga bagian dari mereka dan tidak dipandang negatif,” tutupnya. (lyamcb)

Leave a Comment