Share

RSUD Bojonegoro Akan Periksa Rutin Balita Penderita Kelainan Jantung

Bojonegoro (Media Center) -Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Bojonegoro siap melakukan pemeriksaan berkala terhadap Azizah Anggraini, balita penderita kelainan jantung bawaan yang tinggal di Desa Kauman, Kecamatan Bojonegoro. Hal ini disampaikan.oleh Kabid Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat (PKM) Dinas Kesehatan Bojonegoro, Suharto, Selasa (19/7) usai mengunjungi rumah keluarga Azizah.

Suharto mengungkapkan, dari hasil rapat dan komunikasi antara dokter spesialis anak, dokter spesialis jantung RSUD Dr Sosodoro Djatikusuma dan RS Dr Soetomo Surabaya menyatakan bahwa pasien menderita kelainan jantung bawaan jenis Tetralogy Fallot disertai dengan komplikasi jantung bocor. Operasi untuk koreksi jantung jenis kelainan ini baru bisa dilakukan ketika berat badan anak minimal 10 kilogram dan usia minimal 1 tahun. Operasi juga mempertimbangkan kondisi medis klinis seperti frekuensi seringnya serangan sianosis atau membiru.

Berdasarkan data per 13 Februari menunjukkan bahwa berat badan Azizah hanya 8 kilogram. “Melihat kondisi ini, maka Azizah belum dapat menjalani operasi karena berat badan belum memenuhi syarat operasi,” jelas Suharto.

Untuk diketahui, operasi jantung merupakan operasi besar dengan resiko tinggi sehingga persyaratan yang diperlukan harus.dipenuhinya. Selain itu, operasi jantung hanya dilakukan di rumah sakit yang memiliki cath lab serta fasilitas untuk operasi jantung seperti RS Dr. Soetomo Surabaya, RS Jantung Harapan Kita dan RSUPN Ciptomangunkusuma.

Informasi terakhir, Azizah direncanakan akan.melakukan operasi komplit yakni.melebarkan pembuluh darah paru atau mengganti dengan pembuluh darah sintetik dan operasi paliatif/temporer yakni pemberian selang antara arteri cabang aorta menuju arteri pulmonalis untuk meningkatkan oksigenasi.

“Sembari menunggu persiapan untuk memenuhi syarat operasi tersebut, RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro akan melakukan pemeriksaan rutin dan pemberian obat obatan pada Azizah,” pungkasnya.(mcb)

Leave a Comment