Share

RTIK Bojonegoro Ajak Pelajar SMPN 1 Purwosari Manfaatkan Internet Sehat

Bojonegoro, 17/8 (Media Center) – Ratusan pelajar SMPN 1 Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, diajak memanfaatkan internet secara sehat dan bijak. Kegiatan ini dilaksanakan Relawan Teknologi Informatika Kabupaten (RTIK) bekerjasama dengan operator migas Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) di aula sekolah setempat, Selasa (16/8).

Para pelajar terlihat serius mengikuti setiap materi dari relawan TIK. Di antaranya gambaran macam-macam maraknya Cyber Crime (kejahatan dunia maya) yang terjadi sekarang ini.

“Dari hasil survey data yang tercatat di tahun 2012-2015, sudah ada sebanyak 36,6 juta serangan dunia maya atau cyber crime yang merugikan negara sebanyak Rp33,29 miliar,” kata salah satu pemateri yang juga anggota Relawan TIK Bojonegoro, Nova Wijaya.

Karena itu dirinya mengajak para generasi muda untuk manfaatkan internet secara cerdas, kreatif, produktif.  “Memanfaatkan internet secara baik dalam arti tepat guna, sesuai etika, budaya, dan norma yang berlaku,” pesan Nova.

Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari para siswa-siswi. Mereka mengaku senang dan berterima kasih karena telah mendapatkan ilmu tentang pemanfaatan internet secara baik.

“Ini menambah wawasan kami. Kita jadi tahu kejahatan Cyber Crime yang telah dipaparkan tadi,” ucap Siti Nurhayati salah siswi kelas VIII.

Sebelumnya, Kepala SMP Negeri 1 Purwosari, Djoko Sutrisno mengatakan, kemajuan teknologi telah membawa dampak salahsatunya terjadinya krisis moral yang ditandai dengan pudarnya sopan santun baik di jalan raya, di rumah, atau tempat-tempat umum lainnya.

“Saya harapkan dengan kegiatan ini para siswa bisa lebih cerdas dalam memanfaatkan internet termasuk dalam sosial media,” pesannya.

Perwakilan EMCL, Wulan Purnamawati menambahkan, program ini merupakan bagian dari komitmen EMCL di bidang pendidikan.

“Kami berharap, generasi muda Bojonegoro bisa menggunakan internet sebagai modal positif untuk mewujudkan masyarakat  Bojonegoro yang sehat, cerdas, dan bahagia,” pungkas wanita asal Kota Pahlawan itu.(dwi/mcb)

Leave a Comment