Share

Rumah Singgah Bojonegoro Banyak Digunakan Pasien

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro tengah mengoptimalkan pelayanan Rumah Singgah bagi warga yang sakit dan berobat di Surabaya. Rumah Singgah berlokasi di Jalan Darmawangsa Gg Gubeng Kertajaya 7 F Nomor 3 Surabaya, ini dikhususkan bagi warga Bojonegoro pemegang kartu Jaminan Kesehatan Daerah dan Jaminan Kesehatan Maskesmas (Jamkesda/Jamkesmas).

Memang jarang yang tahu jika Pemerintah Bojonegoro telah mempunyai fasilitas ini. Padahal, Rumah Singgah dengan tujuh kamar (satu kamar untuk dua orang) ini, disediakan Cuma-Cuma bagi warga Bojonegoro yang sakit dan kemudian berubat ke
Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soetomo, Surabaya. Tak hanya gratis menginap, pasien bersangkutan juga mendapatkan layanan, seperti makan dan minum.

Sesuai keterangan Rohim, pengelola Rumah Singgah Bojonegoro di Surabaya, pasien yang datang dikhususkan bagi pemegang kartu Jamkesmas/Jamkesda dan bukan untuk peserta BPJS Mandiri. Mereka menyertakan surat rujukan dan Kartu Tanda Penduduk Bojonegoro. “Untuk pengantarnya maksimal dua orang,” ujarnya sebagaimana dikutip Bojonegoro Network.

Pasien yang datang, juga dimungkinkan untuk bisa membantu dalam hal penginapan. Terutama bagi pasien yang berstatus rawat jalan, dari Bojonegoro ke Surabaya. Karena pasien seperti ini, terutama yang berobat ke RSUD Dr Soetomo Surabaya, juga banyak datang dari luar kota. Mereka mencari penginapan sendiri, terutama yang berlokasi di sekitar rumah sakit.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Bojonegoro Adi Witjaksono mengatakan, Rumah Singgah Bojonegoro sebenarnya sudah beroperasi sekitar satu tahun silam. Tetapi, keberadaannya belum banyak yang tahu, terutama warga Bojonegoro. “Tentu ini banyak manfaatnya,” tegasnya pada Kanalbojonegoro Rabu 8 Juni 2016. Dia menambahkan, untuk sementara fasilitas tujuh kamar, pengunjungnya cukup banyak. Pemerintah Bojonegoro masih berupaya untuk menambah meningkatkan layanannya.(*/mcb)

Sumber Foto: Facebook Rumah Singgah Bojonegoro

Leave a Comment