Share

Saat Ini Panen Raya, Ada 60 Ton Belimbing di Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Produksi kebun belimbing di Dusun Mejayen Desa Ngringrejo, Kecamatan Kalitidu, mencapai 60 ton setiap kali panen raya. Setiap pohonya mampu mengasilkan 60 kilogram (Kg).

Dari jumlah produksi 60 ton itu jika dikakulasikan dengan harga belimbing rata-rata Rp5000 per kg, maka ada potensi pendapatan petani sebesar Rp 3Miliar.

Itu dihasilkan dari 10 ribu pohon yang ditanam pada lahan seluas 20,4 hektar milik 98 orang petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Mekar Sari Desa Ngringinrejo.

Ada beberapa jenis belimbing di agrowisata ini diantaranya Jenis bangkok, karangsari, panyuran, siwalan. Produksi belimbing Ngringinrejo ini tak mengenal musim. Karena setiap bulan petani selalu bisa memanen.

“Kalau panen raya ya bulan Desember – Januari ini. Tapi setelah ini petani tetap bisa memanen, karena setiap hari selalu saja ada belimbing yang matang,” kata Sekretaris Kelompok Tani Mekar Sari, Sucipto saat ditemui di lokasi agrowisata kebun belimbing.

Sucipto mengungkapkan, kebun belimbing ini telah menjadi gantungan hidup warga. Sebab bagi warga yang tidak memiliki kebun belimbing dapat menjadi penjual dengan cara membeli hasil produksi petani atau membantu menjualkan dengan sistem persenan.

“Kalau persenan, tergantung kesepakatan dengan pemilik kebun. Tapi kalau membeli untuk dijual kembali akan diberi harga lebih murah,” tutur Sucipto.

Dia mengungkapkan, banyak pihak dari luar kabupaten yang melirik produksi belimbing Ngringinrejo. Salah satunya adalah dari Sidoarjo yang meminta pengiriman 6 ton belimbing setiap dua minggu sekali.

Namun, lanjut Sucipto, atas kesepakatan petani belimbing permintaan tersebut ditolak. Dengan Alasan, jika produksi itu dikirim ke Sidoarjo, maka secara otomatis membunuh sumber penghidupan penjual belimbing yang selama ini berjualan di sekitar agrowisata.

“Selain itu juga akan mengecewakan para pengunjung yang datang ke kebun belimbing, karena panen raya tidak setiap bulan. Jadi produksinya masih terbatas,” beber Sucipto.

Dia berharap, untuk mendukung keberadaan agrowisata Kebun belimbing ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melengkapi fasilitas lain. Semisal toilet, mushola, wahana anak, kolam renang dan pancing. (numcb)

Leave a Comment