Share

SAIK 2017 Resmi Dibuka, MenPAN-RB Minta Humas Lebih Inovatif

Palembang – 23/11 (Media Center) – Bertempat di Hotel Novotel, Palembang acara “Sinergi Aplikasi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2017 resmi dibuka oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur, Rabu (22/11).

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, R.Niken Widastuti mengatakan bahwa kegiatan SAIK 2017 ini memiliki beberapa tujuan. Yang pertama adalah mewujudkan tata informasi nasional melalui pengembangan dan pembangunan komunikasi dan informasi yang terintegrasi, kedua meningkatnya integrasi dan koordinasi Kemkominfo dengan Pemda Provinsi, Kabupaten/Kota dalam pembangunan/pengembangan komunikasi dan informatika, yang ketiga mendorong pembangunan komunikasi dan infomatika yang dilaksanakan secara bergiliran di daerah dan yang terakhir sebagai evaluasi tentang pengembangan, pembangunan komunikasi dan informatika.

Menurut Niken, beberapa agenda dalam SAIK antara lain Forum Bakohumas, Temu KIM Tingkat Nasional, Temu Blogger, Pameran produk Humas, KIM, dan produk teknologi informasi dan komunikasi, dan pada puncaknya Anugerah Media Humas dan Apresiasi Festival Media Pertunjukan Rakyat.

Acara berskala nasional ini juga dihadiri Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, seluruh BakoHumas se-Indonesia, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), serta komunitas blogger dari Seluruh Indonesia

Sementara itu, MenPAN-RB Asman Abnur, dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini, masyarakat lebih menyukai informasi yang berkembang di media sosial atau media digital lainnya yang bahkan sumbernya tak jelas dibanding informasi yang disampaikan oleh Humas pemerintah.

“Oleh Karena itu, Humas Pemerintah tidak bisa lagi berada di zona nyaman, tetapi harus segera bertransformasi ke zona kompetitif,” lanjutnya.

Ia meminta agar Humas Pemerintah jangan terpaku kaku dalam budaya manual, tetapi harus segera bertransformasi ke budaya digital. “Humas Pemerintah tidak bisa lagi mengelola komunikasi publik dengan cara-cara biasa, tetapi harus semakin kreatif dan inovatif,” tegasnya.

Menurutnya, Humas Pemerintah tidak bisa lagi berpuas diri dengan capaian kinerja saat ini, tetapi harus terus memacu diri untuk meningkatkan kapasitas dan kompentensi seiring dengan tuntutan dan perkembangan zaman.

“Sebagaimana arahan Bapak Presiden, Humas Pemerintah diharapkan mampu mengkomunikasikan dan mendiseminasikan secara efektif berbagai keberhasilan dan capaian kinerja pemerintah.

Humas harus mampu tampil di depan dalam melakukan ‘agenda setting’ dan ‘framing informasi’ di tengah derasnya transformasi digital di berbagai bidang kehidupan,” ujar Asman. (*mcb)

Leave a Comment