Share

Sedot Genangan Hujan Lokal, Pemkab Fungsikan 3 Pompa

Hujan lebat yang terjadi Selasa (3/2/2015) malam kemarin mengakibatkan banjir lokal di wilayah Kecamatan Bojonegoro. Genangan air setinggi 20-30 cm menggenangi beberapa ruas jalan dan rumah-rumah penduduk dan bertahan selama beberapa jam.

Bojonegoro (Media Center) – Hujan lebat yang terjadi Selasa (3/2/2015) malam kemarin mengakibatkan banjir lokal di wilayah Kecamatan Bojonegoro. Genangan air setinggi 20-30 cm menggenangi beberapa ruas jalan dan rumah-rumah penduduk dan bertahan selama beberapa jam.

Menanggulangi hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berkoordinasi dengan Dinas Pengairan untuk memfungsikan pompa air untuk menyedot genangan air dan dialirkan ke Bengawan Solo.

“Ada 3 pompa air yang di tempatkan dibeberapa titik, yakni di pintu air Banjarejo, Karang Pacar dan Ledok kulon,” jelas Andik Sudjarwo, Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro.

Ia menambahkan, pompa ini difungsikan untuk menyedot air yang berada di wilayah kota setelah hujan lebat. Diperkirakan, di wilayah kota ada sekitar 800.000 meter kubik lebih air yang menggenang. Dengan jumlah ini, air baru bisa surut sekitar pukul 03.00 WIB.

“Masih kita tunggu laporan resmi dari kelurahan dan desa yang terdampak banjir lokal semalam,” imbuhnya.

Dengan kondisi curah hujan yang tinggi ini, ia mengimbau agar warga di bantaran sungai Bengawan Solo tetap waspada. Hal ini dikarenakan, meski debit air dari daerah hulu cenderung stabil, limpahan air hujan lokal seperti yang terjadi kemarin turut menyumbang kenaikan TMA sungai Bengawan Solo secara signifikan.(**mcb)

Leave a Comment