Share

Segera Ada Wisata Air di Kebun Belimbing Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Desa (Pemdes) Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, terus berinovasi melengkapi sejumlah fasilitas di Agro wisata Kebun Belimbing di wilayah setempat. Salah satunya adalah menambah wisata air dengan memanfaatkan Sungai Bengawan Solo yang berada di samping kebun belimbing.

“Kita sudah mendatangkan satu perahu boot yang dibeli dari swadaya,” kata Kepala Dusun Jayan, Desa Ringinrejo, Suwoto.

Rencananya, perahu boot itu akan digunakan untuk mengantarkan para wisatawan di Kebung Belimbing yang ingin menjelajahi Sungai Terpanjang di Pulau Jawa Tersebut. Kedepan jumlah perahu boot itu akan ditambah secara bertahap.

“Harapan kami, selain pengunjung bisa memetik sendiri belimbing di kebun, mereka juga bisa melihat keindahan Bengawan Solo dengan perahu boot,” tegas Suwoto.

Selain wisata air Sungai Bengawan Solo, Pemdes Ngringinrejo juga berencana membangun kolam renang di sekitar kebun belimbing untuk memanjakan para wisatawan. Saat ini, lahan untuk kolam renang sudah disediakan oleh kepala desa (Kades) setempat. Hanya saja, masih mencari investor yang mau diajak bekerjasama untuk membangun kolam renang.

“Sistim kerjasamanya bisa pada tahun pertama berapa persen keuntungan diberikan ke pemilik lahan, dan berapa persen ke investor. Kemudian selama berapa tahun berikutnya kolam renang itu akhirnya menjadi aset desa,” kata Suwoto, menerangkan.

Dia menambahkan, agro wisata kebun belimbing ini juga akan dilengkapi dengan kuliner khas. Yakni makanan yang menyajikan ikan bengawan dengan minuman dari bahan belimbing.

“Kedepan kami ingin membangun warung makanan di atas kerumbu di pinggir bengawan. Selain pengunjung bisa menikmati ikan bengawan, juga ikan segar lainnya seperti gurami, lele, nila, dan jambal,” pungkas Suwoto.(dwi)

Leave a Comment